Ada 3 Jenis Nyeri Kepala dan Obatnya

Senyumperawat.com – Nyeri kepala merupakan gejala sisa akibat peningkatan tekanan intrakranial, cedera kepala, tumor otak, ketegangan mata, sinusitis, perubahan atmosfir, alergi makanan dan sebagainya. Nyeri kepala bagi sebagian orang amat sangat mengganggu. Uniknya bagi sebagian orang yang lain terkadang menjadi anugerah baginya. Orang yang ingin izin untuk tidak masuk kerja atau ingin menghindar dari tugas yang diberikan padanya, biasanya orang tersebut mencari-cari alasan agar tugas itu dialihkan kepada orang lain. Pekerjaan yang tidak ia sukai memaksanya untuk mencari-cari alasan dan ketika nyeri kepala datang maka itu adalah hal yang ia anggap nikmat Allah yang luar biasa.

Sedikitnya ada 3 jenis nyeri kepala:

  1. Vascular (Migrain dan Cluster Headache)
  2. Kontraksi otot (Psikogenik atau Tension headache)
  3. Traksi peradangan, biasanya merupakan akibat sekunder dari suatu proses organic)

Jika nyeri melibatkan struktur-struktur infratentorial maka nyeri akan dialihkan ke bagian oksipital kepala dan leher melalui radiks syarat servikal bagian atas. Nyeri supratentorial terjadi di bagian anterior kepala (daerah frontal, temporal dan parietal)

Beberapa mekanisme yang bertanggung jawab atas nyeri kepala antara lain:

  1. Peregangan atau perubahan letak pembuluh darah intra atau ekstrakranial
  2. Traksi pembuluh darah
  3. Kontraksi otot-otot pada kepala dan leher (kelelahan otot)
  4. Peregangan periostenium (nyeri lokal)
  5. Degenerasi tulang belakang bagian servikal atas disertai penekanan radiks syaraf servikal
  6. Defisiensi enkefalin (peptida otak yang bekerja seperti opiate, bahan aktif dari endorphin)

Obat yang umum digunakan

Obat yang biasa digunakan dan dijual tanpa perlu resep dokter ada beberapa macam. Namun ada baiknya untuk tetap memperhatikan aturan pakai. Tidak disarankan membeli obat-obatan di warung dan diminum asal-asalan. Lebih baik membeli obat di apotek yang ada apoteker jaga di situ. Hal ini untuk memudahkan kita bertanya obat tersebut aman atau tidak ketika dalam kondisi tertentu. Obat nyeri kepala yang mungkin sudah banyak mengenali di antaranya:

  • Aspirin
  • Paracetamol
  • Ibuprofen

Baca juga: Tips Aman Pakai Obat Herbal

Obat-obat di atas hanya untuk meredakan nyeri kepala ringan. Jika ada indikasi misalnya migrain, segeralah periksakan ke dokter.

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker