16 Tips Berhenti Merokok Selamanya

16 Tips Berhenti Merokok Selamanya

Senyumperawat.com – Banyak kasus kerusakan organ tubuh terutama organ pernapasan akibat merokok. Sekian banyaknya fakta tersebut tidak menggentarkan para penikmat barang haram itu untuk segera bertaubat. Sudah banyak yang memberikan tips seputar berhenti merokok. Ada yang memberiikan 10 tips, 15 tips, atau 16 tips berhenti merokok.

Rokok memang telah menjadi barang berharga bagi pecandunya. Benar sekali jika disebut pecandu rokok karena rokok tak ubahnya narkoba, hanya bedanya adalah tingkat kerusakannya yang berbeda. Biar pun masih ada yang menyatakan bahwa rokok hukumnya makruh maka sesuatu hal yang makruh yang sengaja dikerjakan terus-menerus dan berlebihan dapat dihukumi menjadi haram. Terang saja karena sama saja ia menjerumuskan dirinya sendiri pada kenistaan.

Muat Lebih

Ada banyak sekali cara untuk berhenti merokok. Banyak pula diantaranya yang mungkin berhasil bagi sebagian orang namun gagal bagi sebagian yang lain. Sekedar berbagi cara-cara yang dapat digunakan untuk menjauhkan diri dari rokok, berikut ada 16 tips berhenti merokok agar dapat melupakan keikmatan semu dari asap rokok.

1. Minum minuman dingin dan cemilan ringan

Minum dengan sedotan dapat membantu mengalihkan rasa kecanduan lidah dari rokok. Menrut Webmd.com, dengan menggunakan sedotan, dapat merangsang produksi dopamin. Hal ini membuat relaksasi dan meringankan perasaan yang sedang muram. Penelitian juga mengemukakan bahwa mengonsumsi makanan ringan juga dapat membantu menghilangkan nafsu merokok.

2. Membuat catatan pengingat

Jika sudah berniat untuk berhenti merokok maka membuat catatan di sekitar rumah atau bahkan di tempat-tempat yang sering dilihat akan menjadi motivasi tersendiri. Terkadang seseorang mudah lupa akan sesuatu dan bahkan merokok pun terkadang lupa hingga akhirnya terlanjut menghisap satu bungkus.

3. Sering gosok gigi

Dengan kondisi mulut yang bersih dan harum, maka pola hidup bersih dan sehat akan mulai terbina. Aroma nafas yang berupa aroma busuk paru-paru yang terpanggang memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kenyamanan orang lain.

4. Hindari minuman beralkohol

Mabuk dan rokok memang begitu berkaitan erat. Di Jogja sendiri misalnya, terkadang saya lihat orang dengan bebas memberli bir dan tentunya rokok tidak ketinggalan. Jika dilihat dalam film-film barat misalnya, kebiasaan minum minuman keras dan rokok seolah menjadi tren. Tangan kanan memegang gelas dan tangan kiri memegang rokok.

5. Mencari tempat-tempat yang dilarang merokok

Ketika keinginan merokok mulai muncul, pergilah ke tempat-tempat yang bebas rokok. Kawasan bebas rokok biasanya akan menerapkan peraturan ketat tentang rokok. Jika anda pergi ke masjid, rumah sakit, perpustakaan, atau rumah makan besar maka anda akan sedikit terkekang untuk mulai memantik korek api.

6. Tuliskan alasan anda merokok dan tempel di setiap ruangan rumah

Alasan merokok harus diperjelas. Hal ini akan sangat membantu untuk segera berhenti. Misalkan anda punya istri atau anak, maka jika alasan anda berhenti merokok adalah karena ingin menjaga kesehatan mereka tentunya dengan menghadirkan foto mereka akan dapat mengingatkan kita akan tujuan itu. Namun jika kita justru membuat mereka menjadi penyakitan maka sia-sia saja anda lakukan.

7. Aktif setiap hari

Membuat diri aktif baik bergerak sendiri atau secara komunitas dapat menjadi distraksi. Pengalihan pikiran dan keinginan terhadap rokok dengan bergerak aktif baik itu olah raga atau kegiatan-kegiatan masyarakat akan sangat membantu.

8. Membuat agenda

Setiap rumah pasti punya kalender, terlebih jika anda sudah punya android. Gunakan aplikasi kalender lalu isikan setiap tanggalnya dengan kegiatan-kegiatan positif. Hal ini akan sangat membantu melupakan selera merokok.

9. Meletakkan sesuatu dalam mulut

Menghisap permen, gula atau semisalnya akan membantu membuang hasrat untuk merokok. Namun sebelum menentukan apa yang baik untuk selalu berada di mulut kita, khususnya bagi penderita diabetes hendaknya konsultasikan dengan dokter anda.

10. Pilih teman yang baik untuk mengingatkan

Hal ini akan sangat berguna ketika kita lalai. Kawan kita akan mengingatkan ketika anda tiba-tiba berkeinginan untuk merokok.

11. Hindari kopi

Meminum kopi yang mengandung kafein akan membuat anda sulit untuk tidur malam. Hal ini biasanya membuat anda merasa gusar dan teman lama anda akan hadir, rokok. Rokok yang biasanya menemani anda saat anda terjaga dimalam hari harus mulai dijauhi.

12. Hindari stres

Stres atau suasana hati yang sedang tidak baik mengakibatkan seseorang kembali kepada kebiasaan buruknya dimasa lalu. Dalam hal ini, hindarilah hal-hal yang dapat membebani pikiran. Jika hal tersebut sudah mulai terasa maka berusahalah untuk rileks dengan rekreasi atau berkumpul dengan rekan-rekan yang baik agamanya.

13. Hindari para pengacau

Para pengacau di sini adalah mereka yang menjermuskan kita kembali kepada kebiasaan buruk. Teman anda yang masih merokok dan belum paham betapa keras upaya anda untuk menjauhi rokok, biasanya mereka masih saja menyodorkan rokok pada anda. Tidak sedikit pula menambahinya dengan ejekan-ejekan. Tidak terlepas pula keluarga mungkin saja menjadi penghambat upaya anda untuk berubah menjadi lebh baik.

14. Tetap sabar dan istiqomah

Memasuki pekan kedua setelah usaha keras anda untuk berhenti merokok, biasanya perjalanan mulai lebih mudah daripada pekan pertama. Jika dalam kurun waktu yang telah dilalui ternyata ada beberapa kesalahan yang kita perbuat, misalnya sempat merokok beberapa kali atau bahkan pada pekan kedua masih saja merokok, maka pasti ada yang salah pada upaya kita. Pada momen ini maka gunakanlah untuk mengoreksi adanya kesalahan yang diperbuat. Kemudian tetaplah bersabar dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik.

15. Rajin mengikuti pengajian

Berkumpul dengan orang baik maka akan baik pula. Berkumpul dengan para perokok hanya akan menjadikan kita bau asap, namun berkumpul dengan ahli ibadah akan menjadikan kita wangi. Rajin mengikuti majlis ilmu dan memperdalam Islam akan membuat hati kita kokoh dan kuat dalam menghadapi berbagai ujian.

16. Memohon kepada Allah

Usaha tidaklah akan berkah jika tiadanya Allah dalam aktivitas itu. Selalulah berdoa agar dimudahkan untuk berubah. (Destur/Senyumperawat.com)

Pos terkait