Teori Seputar Menua (Penuaan)

0
Teori Seputar Menua (Penuaan)

Senyumperawat.com – Menua adalah proses yang tidak dapat dihindari. Setiap detik yang kita lalui adalah termasuk proses penuaan pada fisik kita. Bagi sebagian wanita yang terlalu bangga pada fisiknya yang cantik dan seksi biasanya akan mengupayakan segala cara meskipun menghabiskan banyak biaya hanya untuk menghindari proses penuaan itu. Baginya, menjadi tua adalah aib karena membuat kecantikan dan keindahan tubuhnya akan memudar.

Lain daripada itu, sebagai seorang muslim hendaknya menjadikan penuaan itu sebagai renungan. Untuk memahami seperti apa proses menua itu, di bawah ini akan dijelaskan berbagai teori terkait penuaan.

Teori Biologi

1) Teori Genetik dan Mutasi

Menurut teori ini menua telah terprogram secara genetik untuk spesies-spesies tertentu. Menua terjadi sebagai akibat dari perubahan biokimia yang diprogram oleh molekul-molekul dan setiap sel pada saatnya akan mengalami mutasi.

2) Teori Pemakaian dan Rusak

Kelebihan kerja dan strees menyebabkan sel-sel tubuh lelah (terpakai secara terus-menerus). Sehingga seiring dengan aktivitas sehari – hari mengakibatkan banyak fungsi organ yang menurun akibat fungsi peremajaan sel yang sudah berkurang.

3) Reaksi dari kekebalan sendiri

Dalam proses metabolisme tubuh, ada jaringan tubuh tertentu yang tidak tahan terhadap suatu zat sehingga jaringan tubuh menjadi lemah dan sakit. Oleh karena itu tubuh memperoduksi suatu zat khusus. Zat jaringan tubuh tertentu yang tiak tahan terhadap zat tersebut sehingga jaringan tubuh menjadi lemah dan mati.

4) Teori Imunologi Slow Virus

Sistem imun menjadi efektif dengan bertambahnya usia dan masuknya virus ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh.

5) Teori Stress

Menua terjadi akibat hilangnya sel-sel yang biasa digunakan tubuh. Reganerasi jaringan tidak dapat mempertahankan kestabialn lingkungan eksternal, sters menyebabkan sel-sel tubuh lelah terpakai.

6) Teori Radikal Bebas

Radikal bebas menyebabkan oksidasi oksigen bahan-bahan organik yang dapat menimbulkan sel-sel tidak dapat regenerasi.

7) Teori Rantai Silang

Sel-sel yang tua atau usang menyebabkan kurang elastisnya jaringan kolagen, dan hilangnya fungsi tubuh.

8) Teori Program

Kemampuan organisme untuk menetapkan jumlah sel yang membelah setelah sel-sel tersebut mati.

Teori Kejiwaan Sosial

1) Aktivitas atau kegiatan

Ketentuan akan meningkatnya pada penurunan jumlah kegiatan secara langsung. Teori ini menyatakan bahwa pada usia lanjut yang sukses adalah mereka yang aktif dan ikut banyak dalam kegiatan sosial. Mempertahankan hubungan antara sistem sosial dan individu agar tetap stabil dari usia pertengahan ke usia lanjut.

2) Kepribadian Berlanjut

Dasar kepribadian atau tingkah laku tidak berubah pada lanjut usia. Pada teori ini menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada seseorang yang lanjut usia sangat dipengaruhi oleh kepribadian yang dimilikinya.

Teori Pembebasan

Teori ini menyatakan bahwa dengan bertambahnya usia, seseorang secara berangsur-angsur mulai melepaskan diri dari kehidupan sosialnya atau menarik diri dari pergaulan sekitarnya.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.