Perawat yang Merokok, Senyumnya Sepahit Tembakau

Senyumperawat.com – Perawat atau pun tenaga medis lain merupakan role model bagi pasiennya. Bagaimana pola hidup yang diterapkan oleh tenaga medis tentu akan menjadi contoh yang tidak bisa dipisahkan dari ilmu yang telah dipelajarinya selama menempuh pendidikan sebagai perawat, bidan atau pun dokter dan tenaga medis lain seperti ahli gizi apoteker. 
Pola hidup sehat yang tentu bukanlah sekedar teori. Ia adalah konsep yang harus diterapkan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Sayangnya teori hanya dianggap sebatas teori semata. Tidak sedikit di antara perawat tidak mengindahkannya. Salah satu permasalahan yang cukup miris adalah perkara rokok.
Perawat biar pun ketika berhadapan dengan pasien tidak membawa rokok namun ketika kembali ke ruangan perawat ada saja yang bersembunyi hanya untuk sekedar merokok. Terkadang ketika berhadapan dengan sesama perawat dengan jabatan setara pun sudah tidak segan lagi. 
Sejatinya sebagai seorang perawat harus mulai merubah kebiasaan buruk ini. Memang benar, latar belakang masing-masing perawat berbeda. Boleh jadi mereka berasal dari masa-masa SMA yang diwarnai dengan kehidupan bebas atau pergaulan yang kurang mendapatkan pengarahan agama. Hal ini tentu akan berperan banyak dalam membentuk karakter. Kedekatan seseorang dengan Allah dan Rosul-Nya dengan memahami ilmu, dapat menjadi gas dan rem. Ia akan menjadi gas untuk menjadikan diri sebagai sosok yang haus akan pahala dan menjadi rem agar seseorang tidak terjerembab dalam dosa.
Sebagai seorang perawat muslim, tentu Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam adalah satu-satunya teladan yang paling sempurna. Disusul dengan perangai para sahabat beliau yang mulia adalah role model dari semua perilaku baik. Jika rokok itu baik bagi kesehatan maka sudah tentu Rosulullah dan para sahabat pun akan merokok, namun ternyata rokok itu tidak diperbolehkan karena berbagai keburukannya bagi kesehatan. Oleh karena itu, hidup sehat ala Rosul adalah salah satunya menghindarkan diri dari hal-hal yang merusak tubuh. Rokok dengan berbagai penelitian yang sudah dipublikasikan, tidaklah memiliki manfaat selain mempercepat proses kerusakan tubuh. Oleh karenanya, mari hidup sehat tanpa rokok, perawat tanpa rokok akan lebih berpahala. (Destur/eSPer)
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker