Pengertian dan Klasifikasi Lansia (Lanjut Usia)

Senyumperawat.com – Manusia lanjut usia adalah orang yang usianya mengalami perubahan biologi, fisik, kejiwaan, dan sosial. Perubahan ini akan berpengaruh terhadap aspek kehidupannya termasuk kesehatannya. Oleh karena itu kesehatan lanjut usia perlu mendapatkan perhatian khusus dan tetap terpelihara serta ditingkatkan agar selama kemampuannya dapat ikut serta berperan aktif dalam pembangunan (Depkes RI, 2006).
Usia lanjut marupakan salah satu fase kehidupan yang dilalui oleh setiap individu yang dikaruniai umur panjang. Menjadi tua tidak bisa dihindari tetapi menjadi usia lanjut yang sehat dan produktif dapat diupayakan. Proses tersebut merupakan proses yang wajar terjadi. Proses usia lanjut yang tidak sesuai dengan keinginan-keinginan tersebut, dirasakan sebagai beban mental yang cukup besar. Penyakit yang membahayakan, menjalani masa pension, ditinggal mati suami atau istri, dan sebab-sebab lainnya lebih sering menimbulkan gangguan-gangguan keseimbangan mental. Psikologi kehilangan merupakan salah satu sindroma atau gejala multikompeks dari proses usia lanjut (Depkes RI 2003)
Usia tua sering disebut dengan senescence yaitu merupakan suatu periode dari rentang kehidupan yang ditandai dengan perubahn atau penurunan fungsi tubuh, biasanya mulai pada usia yang berbeda-beda untuk setiap individu (Papalia 2001).
Menurut Sari (2004) dikemukakan bahwa usia lanjut yang memiliki kesempatan bertemu dengan teman sebaya dapat membuka kesempatan pada individu usia lanjut untuk belajar dari pengalaman hidup individu lain dan menginterprestasikannya kembali pengalaman hidupnya sehingga akan membantu individu tersebut dalam mengontrol pengalaman emosi yang positif atau negatif. Dengan memiliki teman, individu usia lanjut akan merasa memiliki dukungan sosial di luar keluarganya, menimbulkan perasaan dihargai dan diinginkan meskipun mereka sudah mengalami kemunduran dan keterbatasan.
Batasan–batasan lansia :
1. Menurut WHO

  • Usia pertengahan (Midle Age)kelompok usia 45 – 59 tahun.
  • Usia lanjut (Ederly)antara 60 – 74 tahun.
  • Usia lanjut tua (Old) antara 75 – 90 tahun.
  • Usia sangat tua (Very Old) diatas 90 tahun

2. Menurut UU No: 13 Tahun 1998
Tentang kesejahteraan lanjut usia: “lanjut usia adalah seorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas”.
3. Menurut Dep. Kes. RI, lebih lanjut menggolongkan lansia menjadi tiga golongan yaitu:

  • Kelompok lansia dini (55 – 64 tahun).
  • Kelompok lansia pertengahan (65 tahun keatas).
  • Kelompok lansia dengan resiko tinggi (usia 70 tahun keatas).

4. Menurut Bernice Neu Garden (1975)

  • Lansia muda yaitu orang yang berumur diantara 55 – 75 tahun.
  • Lansia tua yaitu orang yang berumur lebih dari 75 tahun.

5. Menurut Levison (1978)

  • Lansia peralihan awal, antara 50 – 55 tahun.
  • Lansia peralihan menegah antara 55 – 60 tahun.
  • Lansia peralihan akhir antara 60 – 65 tahun.

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker