Muslim Sejati Hadapi Musibah Sepenuh Hati

0
Senyumperawat.com – Musibah kerap kali menimpa kehidupan anak manusia. Seperti bencana alam berupa gunung meletus, banjir bandang, gempa bumi, angin topan, tsunami dan masih banyak lagi. Termasuk sakit menahun, kemiskinan, tidak lulus kuliah, kegagalan membina rumah tangga, PHK, kecelakaan, dan kematian.
Bagi seorang muslim musibah adalah setali tiga uang dengan anugerah. Seperti kekayaan yang melimpah, kedudukan atau jabatan, kesehatan yang prima, panjang usia dan semisalnya. Artinya musibah ataupun anugerah semuanya adalah sunatullah yang telah Alloh takdirkan untuk menguji hamba-hamba-Nya.

Sesungguhnya Alloh ta’ala jika mencintai hamba-Nya maka Dia mengujinya terlebih dahulu walaupun dengan musibah.Secara kasat mata musibah memang identik dengan kesengsaraan dan kepahitan. Namun percayalah setelah si hamba mampu melewatinya niscaya kebahagiaan dan kenikmatan serta merta akan di reguknya. 
Ibarat seorang siswa yang sedang bersekolah dan ingin naik kelas. Tentu harus melalui test atau ujian terlebih dahulu.Begitulah kehidupan si hamba, jika ingin naik derajat dan tinggi nilainya di sisi Alloh ta’ala haruslah melewati ujian-Nya.Lalu bagaimanakah sikap positif seorang muslim saat musibah menimpanya?
Pertama, Jangan Marah
Marah merupakan luapan emosional seketika tanpa pertibangan akal dan syari’at. Seorang muslim hendaknya selalu mengekspresikan dirinya dengan pertimbangan syari’at. Apapun yang menimpa seorang muslim walau musibah sekalipun, tetap dia harus menahan amarahnya.
Sebagaimana Sabda Nabi,
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مَِارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ((). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ
Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang lelaki telah berkata kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Berilah saya nasihat.”Beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah.” Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab, “Jangan marah.” (HR. Bukhari).
Ada sebuah atsar yang sangat bagus dari imam Hasan al-bashri, beliau pernah menyatakan, “Allah ta’ala akan melindungi hambanya dari syaithan dan mengharamkan neraka,jika dapat menguasai empat hal yaitu sesiapa saja yang mampu menguasai keinginannya, kesenangannya, syahwatnya dan marahnya”
Alloh ta’ala berfirman,
(وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133
 (134) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”(‘Ali ‘Imran 133-134).
Ada kisah menarik terkait ayat tersebut, Ali bin Husein hendak menunaikan shalat. Dipanggilnya seorang budak untuk membantunya menuangkan air wudhu.Saat membasuh wajah, kendi yang dipegang si budak terjatuh dan melukai wajah Ali.Rupanya budak itu kurang erat memegangnya. Memerah padam wajah Ali, ia pandangi budaknya itu. Wajah budak itu pun pias, pucat pasi. Belum sempat Ali melampiaskan kemarahannya, budak itu membaca ayat ke-134 surat Ali ‘Imran, “Dan orang-orang yang menahan amarah…”
“Aku tahan amarahku,” ucap Ali, dan wajahnya pun tidak memerah lagi.
“…dan memaafkan manusia…,” sambung budak itu. “Aku maafkan kesalahanmu,” sahut Ali, dan wajahnya mulai berbinar. “…dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebajikan,” budak itu menyelesaikan bacaannya. “Baiklah, mulai saat ini kamu bebas, merdeka, karena Allah ta’ala,” kata Ali, dan wajahnya pun berseri-seri.
Kedua, Sabar
Sabar yaitu menahan nafsu dari ketergesa-gesaan, menahan lisan dari keluhan dan menahan anggota badan dari memukul-mukul pipi dan merobek-robek pakaian (sebagai ungkapan kesedihan). Sabar memang pahit sebagaimana arti dari akar katanya ‘shabr’ yaitu buah di jazirah Arab yang sangat pahit. Namun orang yang sanggup menelan buah kesabaran niscaya akan mendapatkan khasiat yang luar biasa.
Ketika musibah telah menimpa, maka sabar adalah sebuah keniscayaan.Sabar mempunyai kedudukan yang agung dalam agama Islam, bahkan semua perkara dien ini berdiri di atas sabar tersebut, di antaranya:
  • Sabar terhadap perintah Allah Ta’ala dengan menjalankannya.
  • Sabar terhadap larangan-Nya dengan menjauhinya.
  • abar dalam menghadapi musibah yang dihadapi. Dengan menerima dan tidak menyesalinya

Alloh ta’ala telah berfirman,
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Artinya, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan.Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.(QS. Al-Baqoroh;155)
Dalam tafsir Jalalain di sebutkan ,
وَبَشّرِ الصابرين} على البلاء بالجنة}
Maksudnya kabar gembira bagi orang yang sabar adalah surga atas bala’ yang menimpa mereka. Ya, orang-orang yang sabar ketika ujian dalam bentuk musibah akan mendapatkan jannah-Nya kelak.
Lalu Alloh ta’ala masih melanjutkan firman-Nya,
,(الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156
(157) أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ 
Artinya, “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.(QS. Al-Baqoroh: 156-157)
Adapun di dunia sebagaimana ayat tersebut di atas, balasan bagi orang-orang yang sabar atas musibah yang menimpanya adalah akanmendapatkan berkah, rahmat dan petunjuk-Nya. Tengok saja kesabaran para salafus sholeh dan buahnya setelah bersabar-sabar ria tersebut.
Bilal bin Robah rodhiyallaahu ‘anh karena kesabarannya mempertahankan keislamannya serta merta datang Abu Bakar dan lansung di bebaskan dari perbudakan. Kelak ketika futuh Mekah, Bilal berdiri gagah di atas ka’bah.Sebelumnya pembesar – pembesar Quraisy berlomba-lomba ingin menaikinya.Salman al-Farisi setelah terlunta-lunta mencari Islam kelak beliau menjadi gubernur di Mada’in.Abu bakar, Umar, Utsman dan Ali siapa menyangka berkat kesabaran merekalah akhirnya mereka menjadi Khalifah, ya pemimpin dunia Islam.Dan masih banyak lagi.Memang benar sabar dan kemenangan merupakan saudara kandung.
Ketiga, Ridho
Ridhoartinya Berlapang dada atas ketetapan-Nya.Sabar terhadap musibah adalah kewajiban. Namun ridho terhadap musibah merupakan keutamaan tersendiri. Seorang mukmin yang paripurna imannya tentu dia ridho dengan segala ketentuannya.Meminjam istilah militer, ‘Taat Tanpa Reserve’.
Telah di riwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Nabi bersabda, “Sesungguhnya jika Alloh mencintai suatu kaum DIA menguji mereka. Barangsiapa yang ridho, ia akan mendapatkan ridhoNYA. Barangsiapa yang kesal atau benci niscaya ia mendapatkan murka-NYA” (HR. Tirmidzi).
Alangkah eloknya pernyatan Abdullah bin Mas’ud terkait keridhoan walaupun tertimpa musibah sekalipun. Beliau mengatakan, “Sesungguhnya Alloh ta’ala dengan keadilan dan ilmu-Nya telah memberikan musibah lalu menjadikan kesejahteraan dan kegembiraan pada siapa yang bersikap yakin dan ridho.Sebaliknya menjadikan kesusahan dan kesedihan pada siapa saja yang bersikap ragu dan murka”.
Maha suci Alloh yang telah berfirman,
 مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Artinya, “Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. Ath-Thogabun: 11).
AlQomah berkata, “Ayat ini terkait dengan musibah yang menimpa seseorang lalu memahami bahwa musibah itu datang dari Alloh maka ia pun pasrah dan ridho.”
Jadi,ridho adalah pintu Alloh yang terbesar, surga dunia dan tempat istirahatnya para ahli ibadah. Demikianlah Abdul Wahid bin Zaid berpendapat.
Keempat, Syukur
Inilah puncak keimanan seseorang, walaupun yang di terima adalah musibah dia akan tetap bersyukur. Dia yakin pasti ada hikmah di balik musibah yang ia derita. Hikmah yang selalu membuatnya bersyukur kepada Alloh ta’ala
Alloh menegasikan,
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Artinya, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(QS. Ibrahim; 7)
Orang yang paling layak di teladani saat di timpa musibah adalah Syuraih.Dari Asy-Sya’bi di ceritakan bahwa Syuraih pernah berkata, “Sesungguhnya aku telah di timpa musibah.Namun aku malah memuji Alloh atas musibah tersebut sebanyak empat kali.
  • Pertama, aku memuji Alloh karena musibah yang aku terima tidak lebih besar.
  • Kedua, aku memuji Alloh karena Dia telah memberiku rezeki berupa kesabaran untuk menerimanya.
  • Ketiga, aku memuji Alloh karena telah memberiku taufiq untuk kembali kepada-Nya dengan mengharapkan pahala yang di janjikan.
  • Keempat, aku memuji Alloh karena tidak menjadikan musibah menimpa agamaku”

Demikianlah kiranya sikap seorang muslim ketika musibah menimpanya. Semoga Alloh ta’ala menguatkan iman kita atas segala musibah yang kita terima.Manjadikan musibah ini sebagai media tarbiyah sehingga menjadi insan kamil dalam arti yang sebenarnya.Dan kita dapat mengambil hikmah dari ujian berupa penderitaan ini.Amin.

Referensi:

  1. Tazkiyatun nufus – Syaikh Ahmad Farid- Darul Qolam – Beirut – Libanon- tanpa tahun
  2. Aina Nahnu min Akhlaq As-salaf – Abdul ‘Aziz bin Naashir al-jalil + Bahaauddin bin Fatih al-‘Aqil – Daaruth Thaybah – Riyadh – 1414 / 1993 M.
  3. Al-Wafie Fie Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah – Dr Mushtofa al-Bugho + Muhyiddn Mistuu – Maktabah Daarut Turots – Madinah Munawwaroh – 1413 H.
  4. Tafsir Jalalain – versi Maktabah Syamilah.
  5. Majalah ar-risalah No. 50 / Th. V Jumadil Tsaniyah – Rajab 1426 H / Agustus 2005 M

Penulis: DASUKI
Fb : Azzam Ad Dasuqi
Kampus dan Jurusan/Sekolah : STIT DARUL FATAH/PBA (PENDIDIKAN BAHASA ARAB)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.