Riset Terbaru, Kopi Mencegah Kanker dan Parkinson

0
Riset Terbaru, Kopi Mencegah Kanker dan Parkinson

Senyumperawat.com – Kopi mencegah kanker, sepertinya suatu perkara yang sulit dibayangkan. Selama ini kita menganggap bahwa kopi adalah sumber penyakit. Jika ada orang sering mengalami sakit kepala lantaran darah tinggi, maka serta-merta dilarang untuk mengonsumsi kopi. Beragam anggapan tersebut tidaklah salah namun tidak langsung kemudian kopi dihindari. Dalam beberapa laporan penelitian yang dilakukan sekitar 2 pekan yang lalu menyatakan bahwa kopi memiliki beragam manfaat.

Menurut laporan CNN (4/3/2015), kopi dapat berperan untuk melindungi orang yang memiliki Diabetes tipe 1 agar tidak menjadi tipe 2, melindungi dari penyakit Parkinson, penyakit hati (liver), kanker prostat, sakit punggung dan banyak lagi yang lainnya.

Dalam sebuah studi pula oleh para peneliti dari Korea Selatan yang melibatkan sebanyak 25.000 penikmat kopi menunjukkan bahwa konsumsi kopi harian dengan dosis 3-5 cangkir sehari dapat mencegah terjadinya resiko CAC (Coronary Artery Calcium). CAC ini merupakan prediktor besar terjadinya penyakit jantung di masa depan yang belum diteliti lebih detail di masa lalu.

Mengkonsumsi empat cangkir kopi perhari juga dapat mengurangi resiko Melanoma, kanker kulit yang paling berbahaya. Hasil temuan ini dapat memperkuat temuan sebelumnya yang menyebutkan bahwa ada hubungan antara kopi dengan penurunan resiko karsinoma sel basal.

Sebuah studi lain yang masih berkenaan dengan kopi, ditemukan bahwa konsumsi kopi sebanyak 4-6 cangkir perhari dapat mengurangi resiko Multiple Sclerosis. Berdasarkan hal ini, para peneliti pun juga akan meneliti pengaruh kopi terhadap kekambuhan atau kecacatan dalam jangka panjang pada Multiple Sclerosis.

Terkait dengan Parkinson dan Alzheimer, peneliti pun angkat bicara. Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat menjadi neuroprotector.Senyawa ini disinyalir bukanlah kafein, melainkan ada senyawa tambahan yang berperan.

Sebagai catatan adalah dosis kopi yang disajikan dalam tiap takaran dalam penelitian ini harus diperhatikan. Jika kita mengonsumsi kopi dengan dosis yang tidak diatur dengan baik maka bukanlah manfaat yang didapat namun justru penyakit. Dosis yang ideal dalam penelitian ini adalah 5-8 ons kopi hitam yang secara kalkulasi kadar kafein sebesar 100 mg dengan sedikit tambahan krimer atau gula dalam tiap cangkirnya. (Destur/eSPer)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.