Pescetarian Jauh Lebih Sehat Daripada Vegetarian Murni

Senyumperawat.com – Pescetarian memiliki harapan lebih rendah terkena kanker kolorektal (usus dan rektum) daripada omnivora. Pescetarian adalah salah satu jenis diit vegetarian. Bedanya dengan vegetarian adalah  Pescetarian masih mengonsumsi protein hewani yang didapat dari makanan laut seperti ikan.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Asosiasi Medis Amerika, melibatkan 78.000 orang juga melaporkan tentang banyaknya manfaat dari diit nabati ini. Dalam penelitian lain yang meninjau dari 39 studi lain yang terpisah, menunjukkan manfaat lain dari diit nabati ini yaitu menurunkan tekanan darah dengan rata-rata sama dengan 30-60 menit berolah raga setiap harinya. Dalam sebuah penelitian lain tahun lalu didapati pula vegetarian dapat menurunkan berat badannya dengan mudah hingga 7,5 pon.
Kembali ke topik utama yaitu kanker kolon (Ca. Kolon) bahwasanya bukti penelitian menunjukkan peralihan diit vegetarian ke diit Pescetarian dapat mengurangi resiko terkena kanker kolorektal hingga 27%. Faktor yang mungkin sangat berperan dalam kasus ini adalah konsumsi asam lemak omega 3 oleh Pescetarian yang membuatnya bisa terjaga dari kanker kolorektal.
Seorag ahli gizi, Lisa Drayer sependapat dengan studi di atas. “Selain faktor diet lainnya, ikan dapat memberikan perlindungan tambahan dari kanker karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang telah menemukan bahwa omega-3 memiliki aktivitas anti-kanker dan bahwa mereka dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan kanker kolorektal”, kata Lisa kepada CNN(11/3/15). (Destur/eSPer)
Share

This website uses cookies.