Forum Peduli Muallaf Jogja Adakan Bedah Buku “Mengkristenkan Jawa”

“”Mengkristenkan Jawa: Dukungan Pemerintah Kolonial Belanda terhadap Penetrasi Misi Kristen”. Itulah judul buku karya Muhammad Isa Anshary, alumnus Program Magister Pemikiran Islam—Universitas Muhammadiyah Surakarta. Buku terbitan Pustaka Lir-Ilir, Surakarta, tahun 2013, ini diangkat dari Tesis penulis di Universitas yang sama. Karena kajiannya yang mendalam dan komprehensif, buku ini bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan penting dalam studi Misi Kristen di Indonesia, khususnya di Tanah Jawa”, jelas Adian Husaini sebagaimana dimuat dalam Hidayatullah.com (4/4/13).
Studi yang dilakukan Muhammad Isa Anshory melengkapi studi sejenis yang pernah dilakukan oleh Aqib Suminto, Deliar Noer, Alwi Shihab, dan sebagainya. Studi ini juga menguatkan kesimpulan para peneliti sebelumnya, bahwa pemerintah penjajah Belanda secara sistematis membantu kegiatan misi Kristen di Indonesia. Disimpulkan: ”Melihat praktiknya, politik etis sebenarnya adalah upaya pemerintah Hindia Belanda untuk mengkristenkan atau membaratkan rakyat Indonesia yang mayoritas Muslim.” tambah Ustadz yang termasuk dalam tim peneliti INSIST tersebut.
Buku yang menjelaskan perhelatan misi Kristen di Jawa dengan strategi politik Kristen dengan beberapa wajahnya, hingga abad 20 ini berhasil meletakkan pijakan yang kuat untuk misi mengkristenkan Jawa dan bumi Indonesia pada umumnya.

Forum Peduli Muallaf Jogja dengan izin Allah akan menyelenggarakan bedah buku fenomenal “Mengkristenkan Jawa” karya Muhammad Isha Abshory pada Sabtu 7 Maret 2015 pukul 08.00-12.00, bertempat di Masjid Mujahidin Universitas Negeri Yogyakart. Dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Dra. Dewi Purnamawati M.PI (mantan penginjil) dan Arief Wibowo Sp.MPI.
Event bedah buku ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada ummat Islam akan bahaya kristenisasi dan juga mendorong generasi Islam untuk giat berdakwah. Selain itu, yang menarik dari acara bedah buku ini Forum Peduli Muallaf Jogja membuka kesempatan bagi pegiat dakwah yang ingin menjadi relawan aqidah di daerah rawan pemurtadan. (Destur/eSPer)
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker