Contoh Isi Proposal Terapi Bermain Anak Usia 4 – 6 Tahun

Latar Belakang
Bermain adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk memperoleh kepuasan. Aktivitas bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak, meskipun hal tersebut tidak meghasilkan komoditas tertentu.
Aktifitas bermain merupakan salah satu stimulus bagi perkembangan anak secara optimal. Anak bebas mengekspresikan perasaan takut, cemas, gembira atau perasaan lainnya sehingga hal tersebut memberikan kebebasan bermain untuk anak sehingga orang tua dapat mengetahui suasana hati si anak. Oleh karena itu dalam memilih alat bermain hendaknya disesuaikan dengan jenis kelamin dan usia anak. Sehingga dapat merangsang perkembangan anak secara optimal. Dalam kondisi sakit atau anak dirawat di rumah sakit, aktifitas bermain ini tetap perlu dilaksanakan disesuaikan dengan kondisi anak.
Tujuan Terapi Bermain
I. Tujuan Umum
Merangsang perkembangan sensorik, intelektual, sosial, kreatifitas, kesadaran diri, moral, dan bermain dengan terapi.
2 Tujuan Khusus

  • Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas
  • Meningkatkan keterampilan anak
  • Mengidentifikasi anak terhadap keterampilan tertentu
  • Memberikan kesenangan dan kepuasan

Muat Lebih

Manfaat Terapi Bermain
1. Untuk anak-anak sebagai salah satu terapi pengobatan dan menghilangkan kejenuhan terhadap suasana rumah sakit.
2. Sebagai sarana orang tua untuk mengetahui suasana hati anak saat bermain.
Definisi
Bermain adalah satu kegiatan menyenangkan bagi anak yang dilakukan setiap hari secara sukarela untuk memperoleh kepuasan dan merupakan media yang baik bagi anak-anak untuk belajar komunikasi, mengenal lingkungan, dan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan sosial anak.
Proposal Terapi Bermain Anak
Fungsi Bermain

  1. Fungsi bermain adalah merangsang perkembangan sensorik-motorik, perkembangan intelektual, sosial, kreatifitas, kesadaran diri, moral dan bermain sebagai terapi.
  2. Perkembangan sensorik-motorik merupakan komponen terbesar yang digunakan anak dan bermain aktif sangat penting untuk perkembangan pengobatan.
  3. Perkembangan intelektual anak melakukan eksplorasi dan manipulasi terhadap segala sesuatu yang ada dilingkungan sekitar.
  4. Perkembangan sosial anak akan memberi dan menerima serta mengembangkan hubungan sesuai dengan belajar memecahkan masalah dan hubungan sulit.
  5. Perkembangan kreatifitas anak belajar merealisasikan diri.
  6. Perkembangan kesadaran diri, anak belajar mengenal kemampuan dengan mencoba peran-peran baru dan mengetahui dampak tingkah lakunya terhadap orang lain.
  7. Perkembangan moral, anak akan belajar mengenai nilai dan moral dan etika belajar membedakan mana yang benar dan mana yang salah serta belajar bertanggung jawab atas segala tindakan yang telah dilakukan.
  8. Bermain sebagai terapi, anak akan mengalihkan rasa sakitnya pada permainannya dan relaksasi melalui kesenangannya bermain.

Tujuan Bermain

  1. Untuk melanjutkan pertumbuhan dan perkembangan yang normal pada saat sakit, pada saat sakit anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Mengekspresikan perasaan, keinginan, dan fantasi serta ide-idenya.
  3. Pengembangan kreatifitas dan kemampuan memecahkan masalah.
  4. Dapat beradaptasi secara efektif terhadap stres karena sakit dan dirawat di rumah sakit.

Faktor Yang Mempengaruhi Aktifitas Bermain

  1. Tahap perkembangan
  2. Jenis kelamin anak
  3. Status kesehatan anak
  4. Lingkungan yang tidak mendukung
  5. Alat dan jenis permainan yang cocok atau sesuai dengan anak

Prinsip-Prinsip Dalam Aktifitas Bermain

  1. Perlu energi ekstra
  2. Waktu yang cukup
  3. Alat permainan
  4. Ruang untuk bermain
  5. Pengetahuan cara bermain
  6. Teman bermain

Klasifikasi Bermain
Berdasarkan isi permainan :

  • Sosial Affective Play
  • Sense of Pleasure Play
  • Skill Play
  • Games atau Permainan
  • Unoccupied Behaviour
  • Dramatic Play

Pelaksanaan Terapi Bermain Untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun
1. Pengorganisasian
Leader
Tugas :
1. Membuka acara, memperkenalkan nama-nama terapis
2. Menjelaskan tujuan terapi bermain
3. Menjelaskan aturan terapi permainan
Co. Leader:
Tugas :
1. Membantu leader dalam mengorganisir kegiatan
2. Menyampaikan jalannya kegiatan
3. Menyampaikan informasi dari fasilitator ke leader dan sebaliknya
Observer
Tugas :
Mengevaluasi jalannya kegiatan
Fasilitator
Tugas :
1. Memfasilitator kegiatan yang diharapkan
2. Memotivasi peserta agar mengikuti kegiatan
3. Sebagai Role Model selama kegiatan
Jenis Permainan Yang Cocok Untuk Usia 4 – 6 Tahun

  1. Dramatic Play. Pada permainan ini anak memainkan peran sebagai orang lain, contoh: Anak memerankan sebagai ayah atau ibu.
  2. Skill Play. Pada permainan ini akan meningkatkan keterampilan anak khususnya motorik kasar dan halus, ontoh : Bermain bongkar pasang.
  3. Assosiative Play. Pada permainan ini sudah terjadi komunikasi antara satu anak dengan yang lain, tetapi tidak terorganisir. Tidak ada pemimpin yang memimpin permainan dan tujuan yang tidak jelas, contoh: anak-anak bernyanyi sesuai selera masing-masing.
  4. Cooperative Play. Aturan permainan dalam kelompok tampak lebih jelas tetapi tujuan dan pimpinan permainan jelas, contoh : anak-anak bernyanyi bersama-sama dengan satu orang menjadi pemimpin.

Tahap Kerja Terapi Bermain Anak Usia 4 – 6 Tahun

  1. Stimulasi Sosial. Anak bermain bersama teman-temannya, tetapi tidak ada tujuan. Contoh: bermain pasir bersama-sama.
  2. Stimulasi Keterampilan. Mengetahui kemampuan keterampilan yang ada pada anak sehingga dapat mengetahui bakat anak. Contoh: Menggambar, bernyanyi, menari.
  3. Stimulasi Kerjasama. Anak mampu bekerjasama dalam permainan. Contoh: anak-anak bermain menyusun puzzle, bermain bola.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

  1. Hari, tanggal : Kamis, 10 April 2015
  2. Waktu : 08.00 WIB s/d selesai
  3. Tempat : Ruang Demonstrasi (Demonstration Room) Jurusan Keperawatan

Permainan
1. Permainan Bongkar Pasang
Meningkatkan keterampilan anak mengenai motorik kasar dan halus.
Cara Bermain :

  • Letakkan keping-keping puzzle disamping papan secara acak
  • Ajaklah si anak untuk mencari pasangannya dengan meletakkan keping yang sesuai dengan pola gambar di papan
  • Lanjutkan dengan keping berikutnya sampai semua keping mendapat pasangannya
  • Minta anak untuk menebak apa gambar yang terdapat di papan
  • Beri reinforcement positif

2. Lomba Mewarnai
Menumbuhkan kreatifitas, sportifitas dan meningkatkan semangat untuk berkompetisi dalam lomba
Cara Bermain :

  • Leader membagikan gambar dan pensil warna
  • Minta anak untuk mewarnai sesuai dengan seleranya
  • Berikan waktu 10 menit untuk mewarnai gambar

3. Lomba Thilawah Quran
Menumbuhkan kepercayaan diri dan bakat pada anak serta meningkatkan kecintaan anak akan Al Quran.
Cara Kerja :
1. Minta anak untuk membaca ayat Al Quran, misalkan 1 halaman
2. Beri reinforcement positif
Sasaran
Sasaran terapi bermain ini untuk anak usia 4 – 6 tahun
Metode
Demonstrasi
Kriteria Penilaian
1. Evaluasi Struktur

  • Peralatan bermain seperti boneka, buku gambar dan pensil berwarna sudah tersedia
  • Lingkungan yang cukup memadai untuk syarat bermain
  • Waktu pelaksanaan terapi bermain dimulai tepat waktu
  • Jumlah terapis 10 orang

2. Evaluasi Proses

  • Leader dapat memimpin jalannya permainan, dilakukan dengan tertib dan teratur
  • Co. Leader dapat membantu tugas Leader dengan baik
  • Fasilitator dapat memfasilitasi dan memotivasi anak dalam permainan
  • 80 % anak dapat mengikuti permainan secara aktif dari awal sampai akhir

3. Evaluasi Hasil

  • 100 % anak merasa
  • 75 % mampu mengikuti kegiatan yang dilakukan
  • 25 % anak dapat menyatakan perasaan senang

Pos terkait