6 Cara Praktis Mencegah Komedo

Komedo atau bintik hitam akibat akumulasi jerawat dan debu adalah perkara yang lazim. Perkara lazim ini jika dianggap lazim tanpa adanya penanganan tentunya bukan sikap yang bijak dalam merawat amanah yang diberikan Allah. Tubuh harus senantiasa dirawat dengan sebaik mungkin karena bagaimana pun bentuknya, ia adalah amanah. Kulit sebagai organ pelindung organ dalam dari benda asing merupakan mekanisme pertahanan tubuh paling luar. Sebagai tameng/perisai, tentu jika tidak dirawat secara baik akan menyebabkan organ dalam pun terancam.
Perawatan kulit dari komedo atau jerawat tentu tidaklah sulit. Sebagai seorang muslim yang baik, menjaga kebersihan adalah hal mutlak. Minimal seorang muslim akan membasuh wajah 5 kali sehari menjelang sholat. Lantas apakah cukup dengan itu maka komedo akan jauh dari tubuh, tentu tidak. Ada cara lain yang saling melengkapi.
1. Rajin-rajinlah berwudhu
Sahabat Bilal bin Robah rodhiyallaahu ‘anhu sebagai salah satu sahabat Rosuulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam yang dijamin masuk surga, memiliki satu amalan sederhana namun berpahala besar. Ketika Rosuulullaah ‘alayhi sholatu was salaam melakukan perjalanan Isro’ Mi’roj, beliau mendengar suara terompah (sandal) Bilal rodhiyallaahu ‘anhu sudah terdengar di Surga. Tatkala itu Rosuulullaah Muhammad ‘alayhi sholaatu was salaam penasaran kenapa bisa seperti itu. Keesokan harinya barulah beliau bertanya kepada Bilal rodhiyallaahu ‘anhu kenapa bisa demikian. Akhirnya Bilal menjawab bahwa tidaklah beliau batal berwudhu melainkan beliau langsung berwudhu kembali dan kemudian sholat setelah berwudhu’ itu. Subhanallaah, sebuah teladan yang baik. Mengingat kehidupan padang pasir masa itu, tentu dengan berwudhu’ akan menghalangi debu/kotoran menutupi pori-pori sehingga tidak tercampur dengan bakteri dan membentuk jerawat atau komedo.
2. Gunakanlah sabun khusus wajah
Pengalaman berharga pernah saya alami. Ketika sabun badan saya gunakan untuk wajah, maka yang terjadi adalah wajah terasa lebih kering dan justru mudah berjerawat. Dalam memilih sabun wajah pun harus diperhatikan beberapa fungsi seperti membersihkan, melembabkan dan juga tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.
3. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan wajah sebelum tidur
Air panas secara mendasar dapat mengangkat lemak pada piring atau gelas yang berlemak. Konsep ini akhirnya digunakan untuk mencuci piring di restoran-restoran terkemuka karena lemak akan mudah larut dalam air panas. Lantas, apakah wajah kita akan dicuci pula dengan air panas, tentu tidak. Gunakan air hangat sehingganya dapat mengangkat minyak berlebih pada wajah, menyegarkan dan tentu menjadi pembuluh darah di daerah sekitar wajah melebar. Pelebaran tersebut akan memperlancar sirkulasi untuk mengantarkan nutrisi ke sel-sel wajah. Hal ini sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit.
4. Hindari makanan dengan kolesterol tinggi
Lemak akan mempengaruhi produksi minyak pada kulit dan juga tentunya keringat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang mengalami obesitas dan jarang olah raga mengalami masalah pada bau badan. Hal ini tentu pengaruh dari produksi keringat. Begitu pun kelenjar sebum pada wajah, ia akan sangat terpengaruh terhadap bahan dasar lemak yang dikirimkan padanya untuk memproduksi minyak pada kulit yang berfungsi melembabkan
5. Gunakanlah penutup wajah (masker) ketika hendak bermotor
Mengendarai motor adalah solusi praktis untuk menjadikan wajah sebagai pabrik jerawat. Debu yang beterbangan akan dengan mudah menempel. Oleh karenanya, dengan menutup wajah menggunakan masker akan mencegah debu tersebut bersatu dengan keringat dan bakteri kemudian bekerja sama memproduki komedo.
6. Hindari stressor
Hormon juga sangat berpengaruh dalam produksi komedo. Meskipun ada di antara peneliti yang tidak sependapat namun tidak sedikit peneliti yang menyatakan bahwa hal ini berkaitan. Tidak jauh dari menghindari penyebab stres adalah menghindari begadang. Begadang juga mengganggu proses metabolisme tubuh karena saat sel-sel istirahat namun justru dipaksa untuk bekerja di luar jam kerja aktif.
{Destur/eSPer}

Pos terkait