Unik, Seorang Pria Inggris Tidak Dapat Kenali Orang dari Wajahnya

0
Seorang pria asal Nunhead, London memiliki kelainan yang unik. Ia bernama Devlin. Pria yang berusian 46 tahun ini didiagnosis memiliki kelainan yang disebut Prosopagnosia. Prosopagnosia adalah kelainan dalam mempersepsi wajah yang membuat orang yang mengalaminya akan sulit mengenali wajah termasuk wajahnya sendiri. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Bagian otak yang berhubungan dengan prosopagnosia adalah fusiform gyrus.
Seperti yang dilansir oleh Dailymail.co.uk bahwa pria ini mengalami kesulitan untuk mengenali keluarganya sendiri. Bahkan ketika menjemput anak-anaknya pun sering sekali salah menganggap anak orang lain sebagai anaknya. Dalam kehidupan kesehariannya, pria ini berlatih mengenali keluarganya dari suara dan juga gerak non verbal.

Dalam istilah lain, Prosopagnosia dikenal juga dalam bahasa Inggris dengan Face-Blindness. Devlin tinggal bersama istrinya yang bernama Katarina,  anak perempuan Klara (8) dan Emil (5). Devlin berjuang keras untuk dapat mengenali keluarganya.
Devlin mengatakan,”Manusia memiliki kemampuan khusus untuk mengenali orang-orang dengan mengenali wajah mereka, aku sungguh tidak memiliki kemampuan ini”. “Saya telah belajar untuk mengenali orang berdasarkan bahasa tubuh mereka dan suara sebagai gantinya”, imbuhnya kepada Dailymail.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.