Perusahan Bus Haryanto dan Budiman Beri Kesempatan Penumpang Untuk Sholat

0
Sebuah perusahaan tak sedikit di antaranya adalah perusahaan yang jam kerjanya hingga melampaui waktu sholat. Terlebih penyedia layanan jasa transportasi. Transportasi laut seperti kapak Feri sudah dilengkapi dengan mushola meskipun ada beberapa kapal yang menyediakan ruangan yang sangat kecil untuk sholat. Di lain sisi ada juga yang menyediakan mushola yang cukup luas.
Kaum Muslimin senantiasa harus menjaga sholat 5 waktu yang oleh karenanya dalam perjalanan jauh harus menyediakan waktu untuk sholat. Perusahan angkutan umum seperti bus, amat sulit jika mesti meluangkan waktu untuk sholat karena terkadang takut akan ketinggalan bus sehingga menunggu hingga pemberhentian yang cukup lama seperti saat makan atau di SPBU.
Waktu sholat seperti Zhuhur – ‘Ashar dan Maghrib-‘Isya’ dapat dikatakan lebih mudah untuk dilaksanakan. Hal tersebut karena dapat dilakukan dengan jama’ qoshor, lantas bagaimana dengan sholat shubuh. Sholat shubuh akan terasa sangat sulit dilaksanakan ketika bus tidak berhenti saat waktu tersebut. Solusinya saat kondisi tersebut adalah dengan sholat di bus dengan duduk menghadap ke arah mana bus menuju.
Di tengah polemik tersebut ternyata ada beberapa perusahan transportasi bus yang menyediakan waktu sholat untuk penumpangnya. Beberapa di antara perusahan bus tersebut adalah PO Bus Haryanto dan PO Bus Budiman.
Sudah semestinya hal tersebut ditiru pula oleh perusahaan bus lainnya. Mengingat banyak di antara perusahaan bus tersebut tentunya muslim dan penumpangnya pun mayoritas muslim.

Tinggalkan Komentar