Memahami Makna dan Manfaat Telenursing

0

Senyumperawat.com – Ilmu tentang cara memperoleh, menyimpan, mempresentasikan, menyebarluaskan dan menggunakan data serta informasi untuk keperluan pelayanan kesehatan, memecahkan masalah, dan membuat keputusan (Sortlife dan Blois, 2001).

Tujuan dari informatika kesehatan ini adalah untuk meningkatkan penggunaan data kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan, riset dan pendidikan (Delaney, 2001).

Istilah informatikan keperawatan pertama kali digunakan oleh Scholes dan Barber pada tahun 1980 pada konferensi Medinfo di Tokyo. Informatika keperawatan adalah penggunaan komputer di seluruh bidang kegiatan perawat, pelayanan kesehatan, pendidikan dan riset (Simson, 1998)

Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung fungsi perawat mulai dari pengolah kata (word) sampai kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk perawat dalam parktik keperawatan proffesional (Scholes & Barber, 1980)

Informatika keperawatan adalah kombinasi ilmu komputer, ilmu komunikasi, dan ilmu keperawatan yang didesain untuk membantu manajemen dan pemprosesan data, informasi dan pengetahuan untuk mendukung keperawatan dan pemberian asuhan keperawatan (Graves & Corcoran, 1989)

Informatika keperawatan sebagai kombinasi dari ilmu keperawatan, ilmu informasi, ilmu komputer untuk mengelola dan mengkomunikasikan informasi dalam mendukung perawat serta praktisi kesehatan dalam mengambil keputusan (ANA, 2001)

Telenursing adalah praktik keperawatan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komunikasi (National Council of State Board of Nursing /NCSBN, 1997)

Telenursing mengacu pada aplikasi teknologi komunikasi untuk meningkatkan layanan keperawatan dengan memanfaatkan saluran elektromagnetik (gelombang magnetik, radio dan optik) untuk menstransmisikan sinyal komunikasi suara, data dan video (International Council of Nurses/ICN, 2001).

Manfaat Telenursing

  • Mengurangi jarak tempuh
  • Menghemat waktu tempuh menuju pelayanan kesehatan
  • Mengurangi jumlah hari rawat dan jumlah pasien di RS
  • Mengurangi biaya perawatan
  • Menghambat infeksi nosokomial
  • Meningkatkan jumlah cakupan pelayanan keperawatan dalam jumlah yang lebih luas dan merata
  • Meningkatkan mutu pelayanan perawatan di rumah (home care)
Keuntungan Telenursing
  • Efektif dan efisiensi dari sisi biaya kesehatan, pasien dan keluarga dapat mengurangi kunjungan ke pelayanan kesehatan (dokter praktek, ruang gawat darurat, RS dan nursing home)
  • Dengan sumber daya minimal dapat meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan keperawatan tanpa batas geografis
  • Telenursing dapat mengurangi jumlah kunjungan dan masa hari rawat di RS
  • Dapat meningkatkan pelayanan untuk pasien kronis, tanpa memerlukan biaya dan meningkatkan pemanfaatan teknologi
  • Dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan keperawatan (model distance learning) dan perkembangan riset keperawatan berbasis informatika kesehatan.
  • Telenursing dapat pula digunakan dalam pembelajaran di kampus, video conference, pembelajaran online dan multimedia distance learning. Ketrampilan klinik keperawatan dapat dipelajari dan dipraktekkan melalui model simulasi lewat secara interaktif.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.