Blogging, Cara Praktis Belajar Menulis

Kreatif, inovatif dan penuh warna adalah sebuah rona yang tak dimiliki oleh setiap orang. Ada kalanya kita jumpai orang yang serba tidak kreatif namun ia memiliki kekuatan dan kemauan kuat untuk membuat kreasi yang sesuai dengan keahliannya. Salah satu contohnya penulis sendiri yang sebenarnya bukan termasuk orang kreatif sejak kecil. Nilai pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dikatakan tidak pernah bagus, retorika yang juga tak cukup baik dan bahkan dalam bidang seni pun tak cukup mahir. Akhirnya, ada salah satu hobi yang ternyata cukup membantu penulis dalam menemukan beberapa aspek yang penulis baru sadari setelah berumur 20 tahun lebih.
Skip!!!
Bukan curhat namun hanya sekedar berbagi bahwasanya otak kita masih memiliki potensi yang cukup hebat untuk mengguncang dunia. Mengguncang dunia tak harus dengan rajin demonstrasi atau memegang senjata dengan berjihad meskipun memang amalan jihad tak ada tandingannya. Lain daripada itu, keahlian kita dalam menorehkan kalimat dalam rangka memeriahkan dakwah melalui tulisan pun tidak kalah pentingnya.
Tulisan kita tak harus berbentuk buku. Benar sekali bahwasanya tujuan utama kita menulis hendaknya untuk mencapai Ridho Allaah sehingga tulisan itu pun bermakna. Dalam mencapai tujuan mulia yakni membuat perubahan baik tentunya perlu inovasi sehingga tulisan kita bisa dibaca secara luas. Bagi penulis sendiri, tak harus berbentuk buku untuk berbagi karya. Blog adalah salah satu media yang cukup seru untuk dimaksimalkan. Jika seumpama kita kembangkan dalam bentuk buku pun suatu yang baik tentunya.
Blog kini sudah bukan hal yang asing lagi. Banyak blogger yang memiliki karakter beragam. Ada blogger yang memang memanfaatkan blognya untuk berdakwah, ada pula yang dimaksimalkan untuk meraup keuntungan dari GA dan bahkan ada juga yang senantiasa menjadikannya tempat curhat.
Blog merupakan media bagi para pemula. Para penulis muda dapat memanfaatkan media blog sebagai latihan. Hal ini dipertimbangkan pada aspek pembaca. Pembaca blog mayoritas adalah para penulis buku, blogger yang rajin menulis, para pencari informasi dan sebagainya. Terlebih lagi banyak penulis yang juga mencari inspirasi dari internet. Ditinjau dari aspek ini, pembaca tulisan kita akan beragam dan jika kita membuat relasi yang luas dengan sesama blogger maka akan banyak masukan untuk karya tulis kita.
Saling mengunjungi blog teman atau biasa disebut “Blog Walking” sudah menjadi tradisi silaturohim antar blogger. Keuntungan dari blog walking ini adalah kita akan memiliki relasi yang luas seluruh dunia. Jadi selain tulisan kita akan dibaca oleh para penulis blog yang juga banyak yang ahli menulis, tulisan kita jika kelak berbentuk buku maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam distribusi ke seluruh dunia.

Pos terkait