Belajar Jadi Penulis Blog, Buatlah Tulisan 3 Paragraf Tiap Hari

0
Konsep blogging yang paling utama adalah konten. Konten yang baik dan bermanfaat adalah ciri blog yang produktif. Produktif dalam arti substansi isi blognya dapat membuat perubahan baik kecil mau pun besar, tentunya perubahan baik. Belajar menjadi penulis dapat juga diterapkan konsep sebagaimana tertera dalam judul. Setiap hari memainkan jarinya mengetikkan huruf demi huruf membentuk 3 paragraf. Dalam blog, kita dapat membuat varian yang selalunya berbeda tema dan gaya bahasa. Bisa saja kita membuat tulisan 3 paragraf berisikan berita, pengalaman, deskriptif atau pun naratif tidak ada masalah. Di lain waktu, setelah mulai terbiasa membuat tulisan tersebut cobalah membuat tulisan berseri. Tulisan berseri maksudnya tulisan tersebut dibagi dalam beberapa bagian sehingga dalam beberapa pekan ke depan kita akan terbiasa untuk membuat buku karena buku adalah sebuah kumpulan tulisan yang saling berkaitan.
Banyak trik yang dapat diterapkan untuk belajar menulis blog. Salah satunya adalah menerapkan konsep di atas. Dalam perjalanan waktu belajar itu pula kita coba menerapkan berbagai aturan tata cara penulisan. Membuat tulisan memang dapat dikatakan sebuah eksperimen. Eksperimen untuk menemukan gaya kepenulisan kita yang tentunya harus memiliki ciri khas bagi tiap penulis.
Para penulis produktif setidaknya tidak melewatkan waktunya dalam sehari untuk tidak membuat tulisan. Entah apa pun itu yang pasti tangannya tak akan lepas dari pena dan kertas. Sebut saja salah penulis buku-buku remaja, Burhan Sodiq. Penulis berperawakan santai satu ini pernah menyampaikan dalam sebuah bedah buku bahwasanya beliau tidak lepas dari buku diary dan bahkan dapat dikatakan beliau adalah satu-satunya pria di kelas beliau semasa sekolah yang memiliki diary. Terlepas dari itu, maknanya adalah seorang penulis produktif adalah orang yang dapat menjadikan apa pun yang ia lihat sebagai bahan tulisannya. Mental tersebut tidak akan terbina jika tidak dilatih dengan rajin membuat tulisan.
Trik simpel yang dapat dilakukan sebagaimana trik di atas adalah trik yang tidak memerlukan banyak waktu. Membuat tulisan 3 paragraf tidaklah lama, bahkan tak sampai 5 menit. Jika diterapkan dalam alokasi waktu 10 menit, dapat dibagi dalam 2 sesi yaitu 5 menit untuk mencari inspirasi dan menentukan tema yang akan diangkat dan 5 menit berikutnya untuk membuat tulisan. Selamat mencoba dan silakan dimodifikasi karena orang yang sukses adalah orang yang mampu memodifikasi buah karya orang lain menjadi sebuah hal baru yang diterapkan pada tiap individu, selama tidak melanggar syari’at.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.