Sebuah Kesimpulan, Iron Man 3 Hantam Islam

1
Iron Man, begitu sosok super hero ini biasa disapa.  Pahlawan yang diciptakan oleh rumah produksi Marvel ini merupakan komik lama yang kemudian pada era tahun 1990-an dibuat versi film kartun. Kemudian di era abad 21, akhirnya film ini dirilis menjadi sebuah film Box Office yang laris dipasaran. Betapa film ini dibuat dengan totalitas teknologi. Berbagai persejataan yang begitu lengkap yang dikemas dengan efek audio visual yang luar biasa membuat siapa pun yang hobi elektronik dan teknik mesin akan terpukau dengan teknologi yang disajikan. Pengemasan karakter tiap personalnya pun cukup berkesan.
Tapi, apakah kebanyakan kita tersadar bahwa dalam film tersebut terselipkan aroma peperangan terhadap kaum Muslimin. Sungguh tampak sekali permusuhan sang adidaya dengan “narsis”-nya memamerkan betapa seriusnya mereka dalam aksinya memusnahkan eksistensi Islam dengan berbagai syari’atnya.
Tidak jauh berbeda mungkin dengan film bertema kepahlawanan yang serupa. Dalam seri ketiga film Iron Man 3 ini terdapat simbol-simbol bernuansa Islam yang dijadikan target. 
Menit ke 7.56, logo pedang muncul yang mana logo pedang seperti itu baisanya digunakan oleh para Mujahidin. Salah satu yang menggunakan logo pedang seperti itu adalah Ikhwanul Muslimin. Tampak pula logo pedang itu dikelilingi tulisan Arab
Menit 8.10, simbol-simbol Islam seperti gamis dan peci dimunculkan yang mana modelnya khas Afghonistan. Terdapat pula teks percakapan yang terang sekali menyatakan bahwa itu adalah teroris.
Menit 27.14, Cina yang sejatinya menjadi rival berat amerika dalam hal ekonomi juga turut dihantam dengan terang-terangan menyebutkan Cina dalam sebuah percakapannya.
Menit 60.24, wajah presiden dalam film ini pun dibuat persis dengan penjahat kelas Hiu, Bush la’natullaah ‘alayhi
Menit 61.53, sebuah negara yang menjadi ladang pembantaian tentara amerika terhadap Usamah Bin Ladin Rohiimahullaah, Pakistan.
Menit 62.27, salah satu robot Iron Man yang diakrab disapa Patriot dengan leluasa mengacungkan senjata kepada sekelompok warga sipil yang mengenakan gamis dan peci, kejadian ini berlatar Pakistan.
Menit 69.40, robot Patriot menerobos ke sebuah gedung di mana latas adegan ini adalah warga sipil bercadar dipekerjakan sebagai penjahit di bawah tekanan (tawanan) yang tak pernah libur sehingga sosok robot amerika ini seolah sebagai pahlawan
Menit 70.02, para perempuan yang dirias dengan cadar (niqob) berbondong bersalaman dengan robot amerika untuk mengucap terima kasih karena membebaskan mereka yang ditawan oleh mujahidin di Pakistan.
Menit 81.40, setelah sebelumnya muncul simbol-simbol mujahidin Afghonistan (Tholiban), Ikhwanul Muslimin dan akhirnya Al Qo’idah muncul dengan penyebutan secara terang nama Usamah Bin Ladin.
Menit 102.28, sebuah penutup yang menarik sebelum film ini diakhiri adalah syi’ar kristen pun dimasukkan.
Demikianlah analisis terkait tiap adegan dalam film Iron Man 3 yang mana ini adalah kesimpulan yang sejak awal dibawa dalam film ini sejak seri 1 hingga 3. Seri pertama dulu atribut Islam pun muncul namun tidak sebanyak sekarang yakni berupa sorban dan kejadian peperangan. Secara terang dalam film seri ketiga Iron Man (Pria Setrika) ini menyebutkan bahwa yang meraka sebut teroris adalah seperti Tholiban, Ikhwanul Muslimin dan Al Qo’idah serta mereka yang berperan serupa. Selain itu musuh bebuyutan amerika dalam hal ekonomi yakni Cina, turut dihantam.
Share

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.