Pengertian Alergi Secara umum

Senyumperawat.com – Alergi atau hipersensitivitas adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya nonimunogenik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut allergen.

Penyebab timbulnya gejala alergi sangat beragam. Beberapa diantaranya seperti debu, makanan, obat-obatan atau juga zat-zat kimia. Gejala yang timbul pun cukup variatif seperti mata gatal, bersin-bersin, mengeluarkan ingus, batuk, gejala nafas sesak sampai terjadi serangan asma. Sering pula muncul keluhan mual, muntah dan diare.

Read More

Pemeriksaan penunjang untuk alergi perlu dilakukan sebelum menegakkan diagnosis. Tes IgE spesifik dengan RAST (radio immunosorbent test) atau ELISA (enzyme linked immuno assay). Secara in vivo dengan uji intrakutan yang tunggal atau berseri, uji tusuk (prick test), uji provokasi hidung/ uji inhalasi, dan uji gores. Dilakukan diet eliminasi dan provokasi untuk alergi makanan.

Related posts

7
Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ilmu des
Guest

kalau alergi dingin ada gak ya? saya lumayan sering nih.

Rianda Prayoga
Guest

Paling bersin aja, kalau kecium bumbu cabe. Alergi gitu..

Ai Wida
Guest

Tubuh aku aman-aman saja ngga punya penyakit alergi, tapi terimakasih iya mas/mbak sudah bantu share tentang alergi 🙂

Febrianto Putra
Guest

Wah ternyata seperti itu ya pengertian alergi secara umum 🙂 trimakasih banyak bermanfaat sekali