Manfaat Menerapkan Konsep Tarbiyah Nabawiyah

Tarbiyah Nabawiyah merupakan sebuah konsep yang terbaik dalam membina sebuah barisan pejuang yang tangguh. Betapa para shohabat begitu luar biasa dalam membala Islam hingga bagi mereka amatlah mudah untuk menginfaqkan harta bahkan nyawa. Konsep tarbiyah nabi tersebut tentunya harus menjadi kiblat umat akhir zaman. Tarbiyah terbaik tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pejuang Islam yang hendak mewujudkan masyarakat Islam yang nyata.

Tarbiyah nabawiyah menunjukkan kepada umat tentang manhaj (konsep) Islam dalam menegakkan daulah (negara). Manhaj pemikiran dan gerakan untuk menegakkan Islam tidak kalah penting dari manhak kehidupan dan tidak terpisahkan daripadanya. Sebagaimana din berasal dari Allaah amka cara-cara menegakkannya pun harus dari Allaah.

Tarbiyah nabawiyah menuntun umat untuk mengikuti jalan Robbani dalam membela dinullaah dan mengokohkan syari’at-Nya dalam kehidupan di samping agar dapat istiqomah di atas jalan tersebut. Sebagaimana firman Allaah dalam ayat ke-120 suroh Huud:

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya. Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.

Firman Allaah dalam surot Al An’am ayat 90:

Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah: “Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan (Al Qur’an)”. Al Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala umat.

Jalan itu adalah jalan yang Rosulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam sehingga Islam dapat meraih kemanangan. Begitu pun umat akhir zaman hendaknya menggunakan jalan yang telah terbukti dapat berhasil mengangkat kemuliaan umat terdahulu (salaf).

Sayyid Quthb rohiimahullaah berkata,”Pemeluk agama ini harus benar-benar mengetahui bahwa agama ini dzatnya adalah Robbani maka konsep operasionalnya juga Robbani, berjalan paralel dengan tabiatnya. Dan tidak mungkin memisahkan agama ini dari konsep operasionalnya. Juga perlu dipahami bahwa manhaj ini adalah konsep yang sifatnya fundamental. Jadi bukan manhaj yang bersifat temporer, geografis, atau pun mahaj kondisional yang secara spesifik berkaitan dengan problem-problem jama’ah Islam yang pertama. Ini adalah manhaj yang mana bangunan agama ini tidak akan tegak kapan pun dan di mana pun juga kecuali harus dibangun dengannya. Berpegang teguh dengan manhaj tersebut merupakan perkara yang sangat vital seperti halnya berpegang teguh apda sistem Islam pada setiap gerakan”.

Tarbiyah nabawiyah memberikan gambaran bahwa betapa mulianya Sang Panglima sekaligus pembimbing, Nabi Muhammad ‘alayhi sholaatu was salaam yang telah mempraktikkan manhaj tersebut. Selain itu, juga untuk memahami betapa agungnya pasukan yang telah dididik dengan manhaj tersebut.

Dalam waktu yang relatif singkat, Rosuulullaah ‘alayh sholaatu was salaam telah membidani lahirnya sebuah generasi yang terdiri dari pemimpin-pemimpin yang tiada duanya. (‘Abdullah ‘Azzam rohiimahullah)

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker