Kedokteran USU, Upaya Kembalikan Kiblat Kedokteran Medan

Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Sumutra Utara (USU) telah resmi beroperasi. Peresmian yang berlangsung kemarin (4/12/2014). Dengan berdirinya RSP USU ini diharapkan dapat membangunkan para tenaga pendidik kedokteran USU dari tidur panjangnya. USU bertekad untuk mengembalikan kiblat dunia kedokteran ke tanah Medan tersebut.
“Fakultas Kedokteran USU sempat menjadi primadona bagi calon mahasiswa dari sejumlah negara di Asia, terutama Malaysia. Tidak sedikit mahasiswa asal Malaysia yang menuntut ilmu medis di Fakultas Kedoteran di Medan, termasuk di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tahun 90-an”, tutur Tengku Erry Nuradi. 
Rumah Sakit Pendirikan Universitas Sumatra Utara (USU)
Wakil Gubernur Sumatera Utara tersebut juga mengatakan, “Itu sebagai bukti bahwa kualitas pendidikan kesehatan di sejumlah
Universitas di Medan tergolong lebih baik. Tetapi saat ini, mahasiswa
dari Medan malah menuntut ilmu ke sejumlah negara lain. Bahkan
masyarakat kita ramai yang berobat ke Penang dan Singapura dengan alasan
dan pertimbangan efesiensi biaya dan keyakinan untuk sembuh. Itu yang
harus kita kembalikan,”.
“Kita menyadari, bisnis pelayanan kesehatan sangat menggiurkan. Tetapi
kita juga harus ingat, tanggungjawab dalam menelurkan SDM yang
berkualitas di bidang kesehatan. Ketersediaan SDM dokter dan tenaga
medis akan sejalan dengan teknologi kesehatan,” tambah Erry saat meresmikan RSP USU seperti yang dilansir Okezone.com
Dalam kesempatan tersebut pula, Erry menyatakan bahwa kesembuhan pasien bukan hanya urusan medikasi saja melainkan terapi psikologi jauh lebih bernilai. Memberikan pelayanan yang bermutu tentunya menjadi cita-cita setiap instansi kesehatan.
Lebih daripada itu, Rumah Sakit Islam (RSI) semestinya juga mulai bangkit. Semua ilmu kedokteran sejatinya berasal dari Islam hingga perpustakaan Baghdad dimusnahkan oleh musuh Allaah dan buah karya kaum Muslimin dicuri. Umat Islam butuh orang-orang yang memiliki ‘izzah membangkitkan Islam diranah medis.
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker