Benar Bahwa Susu Hilangkan Manfaat Teh

Teh susu atau susu teh, mau dibaca yang mana pun teteplah sama yakni teh dan susu yang dicampur sehingga menghasilkan minuman baru. Tak dipungkiri memang nikmatnya teh susu atau susu teh itu. Namun perlu diketahui bahwasanya sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa jika teh dicampur dengan susu maka manfaat teh sebagai antioksidan akan hilang. Penelitian yang dipimpin oleh Hiroaki Tajima tersebut tentunya bukan penelitian tunggal. Masih ada penelitian lain yang mengungkap hal tersebut.

“Protein dalam susu akan berikatan dengan antioksidan dalam teh, sehingga antioksidannya tidak terserap secara optimal”, demikian yang dilansir oleh Nutrifood Research Center.

“Ketika berikatan dengan kompleks protein dalam susu, theaflavin dan thearubigin tidak bekerja. Artinya kita tidak akan mendapat manfaat apapun baik dari susu maupun teh” menurut Dr Devajit Borthakur dari Tea Research Association.

Teh dan susu ternyata ibarat air dan minya yang tak baik jika disatukan. Sebagai alternatif untuk dapa mendapatkan khasiat sehat antara susu dan teh maka siasatnya adalah tidak mencampurnya. Jika pun ingin mencampurnya pun sebaiknya tidak sering karena jelas sekali tidak ada manfaat selain rasanya yang enak.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Destur

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

3 Comments

  1. luoh, padahal saya tiap kali bikin susu panas seperti terngah malam seprti sekarang ini adalah dengan resep dari nenek, susu teh, rasanya yang mekjleb bikin saya ketagihan…gimana ini, coba?

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker