AlJazeera Rilis Video Dokumenter Intifadhoh Rakyat Palestina

0
Dua puluh tahun setelah Israel merebut wilayah Palestina di tahun 1967 yang disebut dengan Perang Enam Hari, protes besar-besaran meletus di wilayah-wilayah pendudukan muslim Palestina. Setengah juta warga Palestina turun ke jalan untuk menuntut diakhirinya pendudukan penjajah Israel, sementara 80.000 tentara penjajah Israel diperintahkan untuk menahan gerakan Intifaadhoh rakyat Palestina. Rakyat muslim Palestina tidaklah menggunakan senjata api atau bom untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah brutal bangsa israel itu melainlan dengan batu.

Dalam kurun waktu enam tahun antara 1987 dan 1993, yang dikenal sebagai Intifada Pertama, lebih dari 1.300 warga Palestina insyaa Allaah syahid, 120.000 terluka, dan 600.000 dipenjara.
Al Jazeera berinisiatif merilis video dokumenter terkait gerakan Intifada rakyat Palestina tersebut. Video ini dirilis dalam dua bagian. Al Jazeera menceritakan kisah Intifadah Pertama disaksikan oleh para tokoh politik dan rakyat sipil yang hidup saat itu. Video tersebut diberi judul “Stories From The Intifada” yang secara resmi dimuat dalam situs web Al Jazeera kemarin (10/12/2014).
Pada bagian pertama, kontributor menggambarkan kondisi yang menyebabkan pemberontakan Palestina dan metode taktis diadopsi di Tepi Barat dan Gaza untuk memerangi pendudukan Israel.

Dalam film kedua, mereka menggambarkan bagaimana Intifadah menjadi bentuk baru perlawanan Palestina dan kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya suatu Intifada baru hari ini.

Berikut adalah video Part 1 Stories From The Intifada:

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.