Sumber Zat Besi Buat Ibu Hamil

Suplementasi adalah pemberian preparat besi dalam bentuk cairan (sirup) atau pil sebagai obat. Suplementasi pil besi adalah satu-satunya pendekatan yang sampai saat ini dianggap paling cocok untuk ibu hamil, untuk dapat meningkatkan kadar Hb sampai pada tingkatan tertentu (Husnaini, dalam Latifah, 2005).

Umumnya semua tablet besi dapat diabsorbsi dengan baik, ferro sulfat adalah senyawa termurah dari yang lainnya dan dapat diabsorbsi 20 % zat besi sehingga ferro sulfat direkomendasikan untuk dipergunakan dalam program suplementasi yaitu produksi dari kimia farma dengan komposisi 60 mg elemental iron dan 0,25 mg asam folat.

Muat Lebih

Pemberian pil besi dari beberapa orang dapat menimbulkan gejala-gejala seperti mual, nyeri di lambung, muntah dan kadang-kadang terjadi diare atau sulit buang air. Untuk mencegah hal tersebut di atas, dianjurkan untuk minum Fe setelah makan pada malam hari. Untuk meningkatkan penyerapan besi, tidak dianjurkan minum bersama-sama dengan susu, teh, kopi, tablet kalk, atau obat sakit maag. Setelah minum tablet Fe, kotoran atau tinja akan menjadi hitam, hal ini sama sekali tidak membahayakan (Depkes RI, dalam Latifah, 2005).

Makanan sumber zat besi yang baik antara lain daging, ayam, ikan, telur, serealia tumbuk, kacang-kacangan, sayuran hijau dan pisang ambon. Fe yang berasal dari makanan hewani lebih mudah diserap oleh tubuh daripada Fe yang berasal dari makanan nabati (Waryono, 2010. Baik pula dikonsumsi bagi ibu hamil berupa kurma dan madu karena memiliki kandungan yang sangat lengkap.

Pos terkait