Pengertian Farmakologi Dan Ruang Lingkupnya

Senyumperawat.com – Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik sifat kimiawi mai pun fisiknya, kegiatan fisiologi, resorpsi dan nasibnya dalam organisme hidup. Ada pula interaksi antara obat dan tubuh manusia serta penggunaan pada pengobatan penyakit, hal ini disebut dengan farmakologi klinis. Farmakologi meliputi beberapa bagian yaitu farmakognosi, biofarmasi, farmakokinetika dan farmakodinamika, toksikologi dan farmakoterapi.
Farmakognosi, mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat-zat aktifnya.

1) Biofarmasi, meneliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya. Faktor formulasi yang dapat mengubah efek obat dalam tubuh adalah bentuk fisik zat aktif, keadaan kimiawi, zat pembantu dan proses teknik. Selain faktor formulasi, cara pemberian obat juga mempengaruhi kecepatan absorpsi obat. Cara pemberian obat dapat berupa obat yang memiliki efek sistemik (oral, sublingual, injek (subkutan, intrakutan, intramuskuler, intravena, intra arteri dan intra lumbal), implantasi subkutan dan rektal), obat dengan efek lokal (intranasal, intarokuler dan intra aurikuler, intrapulmonal (inhalasi), intravaginal, topikal)

2) Farmakokinetika, meneliti perjalananan obat mulai dari saat pemberiannya, absorpsi dalam usus, transportasi dalam sirkulasi darah dan distribusinya dalam jaringan tubuh.

3) Farmakodinamika, mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup, terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi serta efek terapeutik yang ditimbulkannya. Singkatnya, semua efek yang ditimbulkan dari suatu obat.
Toksikologi, pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh.
Farmakoterapi, mempelajari tentang penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya.

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker