Pengertian Dan Tujuan Stratifikasi Puskesmas

Stratifikasi Puskesmas adalah suatu kegiatan untuk menentukan tingkat perkembangan fungsi pusesmas dalam rangka peningkatan upaya kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan pola strategi pengelompokan. (Pedoman stratifikasi puskesmas, 1984)

Stratifikasi puskesmas adalah upaya untuk melakukan penilaian prestasi kerja puskesmas dengan mengelompokkan puskesmas (Pedoman stratifikasi puskesmas, 1990)

Pengelompokkan puskesmas dibagi menjadi 3 strata, yaitu :

  1. Strata 1 ( prestasi kerja baik )
  2. Strata 2 ( prestasi kerja cukup )
  3. Strata 3 ( prestasi kerja kurang )

Ketiga strata tersebut digunakan dalam evaluasi terhadap tingkat perkembangan fungsi puskesmas, sehingga dengan demikian pembinaan dalam rangka peningkatan fungsi puskesmas dapat dilaksanakan lebih terarah agar dapat menimbulkan gairah rasa tanggung jawab dan gairah kreatifitas yang dinamis, maka falsafah mawas diri perlu dipupuk dan dikembangkan.

Tujuan Stratifikasi Puskesmas adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum
Mendapatkan gambaran tentang tingkat perkembangan fungsi puskesmas secara terus menerus dalam rangka pembinaan dan pengembangannya.

2. Tujuan Khusus

  • Mendapatkan masukan untu perencanaan puskesmas di masa yang akan datang.
  • Mendapatkan informasi unuk monitoring, bimbingan, dan pengendalian program puskesmas secara terus menerus.
  • Mendapatkan gambaran secara menyeluruh perkembangan puskesmas dalam rangka mawas diri.

Ruang Lingkup Stratifikasi Puskesmas meliputi segala komponen penunjang masukan ke puskesmas, baik fisik maupun non fisik, proses atau manajemen/ pengelolaan serta hasil kegiatan dari puskesmas dalam bentuk kegiatan pokok.Selain itu ruang lingkup dikelompokan menjadi 4 aspek/kelompok variabel yang meliputi:

  • Hasil kegiatan puskesmas dalam bentuk cakupan masing-masing kegiatan.
  • Hasil dan cara pelaksanaan manajemen puskesmas.
  • Sumber daya yang tersedia di puskesmas.
  • Keadaan lingkungan yang mempengaruhi pencapaian hasil kegiatan puskesmas.

Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa didalam pelaksanaan stratifikasi puskesmas ada tiga area yang perlu dibina, yaitu :

  • Puskesmas, sebagai wadah pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pembinaan ini terutama diarahkan kepada fisik, manajemen dan tenaga kerja.
  • Program-progam sektoral maupun lintas sektoral yang langsung maupun tidak langsung masuk melalui puskesmas.Pembinaannya terutama terhadap pelaksanaan program maupun sarana penunjangnya.
  • Peran serta masyarakat. Peran serta masyarakat perlu dibina dalam rangka meningkatkan upaya kesehatan.
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker