Metode Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

0

Sistem imun dalam tubuh manusia tidaklah statis. Belum ada dalam sejarah kehidupan manusia, orang yang tak pernah sakit. Bahkan Rosuulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam pun pernah sakit. Setiap aktivitas kita tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik. Semakin tubuh kita kelelahan maka sistem imun pun cenderung melemah. Kondisi cuaca pun tak kalah berperan. Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sudah dibahas dalam pembahasan sebelumnya. Dalam menyikapi menurunnya kekebalan tubuh kita, tentu ada trik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kembali sistem imun tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh / ketahanan tubuh kita :

1. Istirahat Cukup
Tidur yang nyenyak secara wajar secukupnya agar tubuh kembali segar dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur terlalu banyak / lama pun juga tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang lelah harus diistirahatkan agar lelah dan capek yang menurunkan ketahanan tubuh bisa dihilangkan.

2. Hindari Kebiasaan Buruk
Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba, begadang, makan makanan tidak bergizi, bekerja terlalu diporsir, main game seharian, stres, dan lain sebagainya mungkin bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

3. Makan Makanan yang Bergizi dan Cukup
Sistem kekebalan akan membutuhkan asupan energi dari makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Dengan makan dan minum yang cukup jumlah dan gizinya mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Rajin makan atau minum sesuatu yang mengandung anti oksidan untuk melawan radikal bebas juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

4. Rajin Membersihkan Diri
Kotoran yang melekat dan menempel pada tubuh kita biasanya mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Dengan secara rutin merawat kebersihan diri sendiri dapat menghindarkan kita dari banyak serangan penyakit. Mandi sabunan, gosok gigi, sampoan, cuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh kegiatan bersih-bersih tubuh.

5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan yang Salah
Obat seperti antibiotik sangat berbahaya jika dikonsumsi / digunakan dengan cara yang salah. Antibiotik sebaiknya dipakai dengan didasari atas resep dokter dan bukan atas inisiatif sendiri. Dosis yang salah serta penghentian konsumsi obat antibiotik sebelum penyakit mati dapat menyebabkan resistensi atau kekebalan penyakit pada obat, sehingga dibutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

6. Pada anak usia muda (bayi dan balita) serta orang usia tua, hindarkan kontak dengan seseorang yang menderita infeksi supaya tidak mudah tertular.

7. Ikuti pola hidup Rosuulullaah
Banyak sekali hal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Termasuk dalam hal kesehatan. Mulai dari wudhu’, sholat, puasa, siwak dan lain sebagainya. Ada pula terapi bekam, madu, zaitun dan banyak lagi yang lain. Menghidup-hidupkan sunnah, selain menjadikan diri kita sehat, pahala pun terbuka lebar.

Tinggalkan Komentar