Anjani, Jilbaber Penemu Kulkas Tanpa Listrik

Berjilbab, sholihah, dan smart semestinya menjadi sebuah ciri khas muslimah. Menghadapi era akhir zaman semakin jauh umat Islam dari agamanya. Hal ini tidak menyurutkan asa para muslimah muda negeri ini. Anjani, begitu nama akrab dari Anjani Rahma Putri. Ia adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMA. Ia adalah siswi SMA Negeri 2 Sekayu Sumatera Selatan. Gadis berjilbab asal Palembang tersebut bersama dengan timnya menunjukkan kiprah membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Anjani bersama teman-temannya meraih penghargaan di Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 11-16 Mei 2014. Sebuah terobosan menarik yang Anjani usung beserta rekannya adalah berupa kulkas tanpa listrik dan tanpa freon.

Muat Lebih

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, melalui karya ilmiah berjudul “Green Refrigerant Box“, Muhtaza dan Anjani sukses meraih penghargaan Development Focus Award dan hadiah senilai 10.000 dollar AS dari US Agency for International Development (USAID). Mereka juga meraih Penghargaan Ketiga senilai 1.000 dollar AS di kategori Engineering: Materials & Bioengineering.

Berjilbab, sholihah dan smart tentu bukan suatu hal yang diraih dengan bermalasan. Rajin, ulet dan istiqomah menjalankan ajaran Rosul ‘alayhi sholaatu was salaam adalah kunci bahagia dunia dan akhirat. Ketika kita menolong agama Allaah maka Allaah juga akan menolong kita. Besar harapan kita selaku sesama Muslim bahwasanya kreasi apa pun yang kita temukan hendaknya kita syukuri dengan cara mempergunakannya untuk menolong agama Allaah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Muhammad: 7)

Pos terkait