Dasar-Dasar Dalam Keperawatan Komunitas

Berbagai definisi komunitas dan kegiatan komunitas. Komunitas adalah kelompok wilayah, nilai-nilai keyakinan dan minat yang sama serta adanya saling mengenal dan berinteraksi antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya (WHO 1974). Komunitas adalah sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya (Spradley, 1985).
Keperawatan komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan kepada masyarakat dengan penekanan pada kelompok resiko tinggi, dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yamg dibuthkan dan melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pelayanan keperawatan (Fradley, 1965).
Sedangkan menurut DepKes RI, 1986 Keperawatan komunitas adalah suatu upaya pelayanan keperawatan yang merupakan bagian intergral dari pelayan kesehatan yang dilaksanakan oleh perawat dengan mengikutsertakan tim kesehatan lainnya dan masyarakat untuk memperoleh tingkat kesehatan yang lebih tinggi dari individu, keluarga, dan masyarakat.
Tujuan
1. Tujuan Umum
Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat sehingga tercapai tingkat kesehatan yang optimal sesuai dengan kapasitas yang mareka miliki.
2. Tujuan Khusus
  1. Menunjang fungsi Puskesmas
  2. Membantu masyarakat sedini mungkin untuk mengidentifikasi masalah kesehatan nya.
  3. Membantu dan mendorong masyarakat berperan serta secara aktif
  4. Membantu dan mendidik individu, keluarga, masyarakat, dan kelompok khusus dalam memecahkan masalah kesehatannya secara mandiri
  5. Membantu individu, keluarga, masyarakat, dan kelompok khusus yang mempunyai masalah kesehatan yang spesifik.
  6. Tertanganinya keluarga, kelompok khusus yang memerlukan asuhan keperawatan dasar dalam penanganan tindak lanjut dirumah.
Sasaran Keperawatan Komunitas
  1. Individu, adalah anggota keluarga sebagai kesatuan yang utuh dari aspek biologi, psikologi, sosial, dan spritual.
  2. Keluarga, merupakan unit terkecil yang terdiri dari kepala keluarga dan anggota lainya yang berkumpul dan tinggal dalam satu rumah tangga karena pertalian darah dan ikatan perkawinan atau adopsi antara keluarga yang satu dengan yang lainnya saling tergantung. Bila salah satu anggota / beberapa anggota keluarga mempunyai masalah kesehatan maka akan berpangaruh terhadap anggota lainnya dan keluarga disekitarnya.
  3. Kelompok khusus, Adalah sekumpulan individu yang mempunyai kesamaan jenis kelamin, umur dan permasalahan.
Ruang Lingkup
  1. Pelayanan individu baik Puskesmas maupun dirumah berupa askep diberbagai tingkat umur, tumbang, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan
  2. Pelayanan keluarga berdasarkan prioritas yang diutamakan keluarga yang benar – benar memperlukan perawatan kesehatan
  3. Pelayanan kelompok khusus bagi yang mempunyai masalah kesehatan mencakup kegiatan penyuluhan kesehatan dam penemuan kasus dini.
Prinsip-Prinsip Dasar
  1. Keluarga sebagai unit dalam Perkesmas
  2. Ada empat tingkat sasaran, induvidu, keluarga, masyarakat, dan kelompok khusus
  3. Perawatan di masyarakat dengan prinsip bekerjasama
  4. Menggunakan metode pemecahan masalah yang dituangkan dalam proses keperawatan
  5. Kegiatan utama ada di masyarakat bukan dirumah sakit
  6. Tujuan pemeliharaan kesehatan masyarakat seoptimal mungkin
  7. Pasien adalah seluruh masyarakat baik dalam kondisi sakit maupun yang sehat
  8. Tidak bekerja sendiri tetapi tim.
  9. Kegiatan meningkatkan kesehatan, mencegah yang sehat agar tidak sakit dan yang sakit tidak kembali sakit.
  10. Harus melihat kenyataan yang nyata dilingkungan pasien baik dirumah / disekolah / tempat kerja.
  11. Pendidikan kesehatan sebagai kegiatan utama bagi perawat kesehatan guna merubah perilaku dan kebiasaan individu, keluarga, dan masyarakat kearah yang menguntungkan kesehatan (.perilaku hidup bersih dan sehat)
Strategi Keperawatan Komunitas
  1. Proses Kelompok (group procces)
  2. Pendidikan kesehatan (health promotion)
  3. Kerja sama (partnership)
  4. Terapi modalitas keperawatan komunitas
  5. Pemberdayaan masyarakat
Peran Perawat Dalam Perkesmas (Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat)
  1. Pemberi pelayanan kesehatan
  2. Pendidikan kesehatan
  3. Pengamat kesehatan
  4. Kordinator pelayan kesehatan
  5. Pembaharu
  6. Pengorganisasian pelayanan kesehatan
  7. Panutan
  8. Tempat bertanya
  9. Pengelola
Falsafah Keperawatan Komunitas
Keperawatan komunitas merupakan pelayanan yang memberikan perhatian terhadap pengaruh linkungan (Biologis, Psikologis, Sosial, Kultural, dan Spiritual) terhadap kesehatan komunitas. Dan memberikan prioritas pada strategi pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan.
Falsafah yang melandasi keperawatan komunitas mengacu kepada falsafah / paraigma keperawatan secara umum yaitu : manusia yang merupakan titik sentral dari setiap upaya pambagunan kesehatan yang menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusian dan bertolak dari pandangan ini disusun paradigma keperawatan komunitas.

Unsur-Unsur Paradigma Keperawatan Komunitas
  1. Manusia. Komunitas sebagai klien, artinya sekumpulan individu atau klien yang berada pada lokasi atau batas geografi tertentu yang memiliki nilai-nilai, keyakinan dan minat yang relatif sama serta ada interaksi satu dan lainnya untuk mencapai tujuan.
  2. Kesehatan. Sehat adalah suatu kondisi terbebasnya dari gangguan pemenuhan keperluan dasar klien atau pemerintah. Sehat merupakan keseimbangan yang dinamis sebagai dampak dari keberhasilan dari mengatasi stressor.
  3. Lingkungan. Semua faktor internal dan eksternal atau pengaruh disekitar klien yang bersifat biologis,psisiologis, sosial kultural dan spiritual
  4. Perawatan. Intervensi atau tindakan yang bertujuan untuk menekan stressor atau meningkatkan kemampuan klien atau komunitas menghadapi stressor melalui upaya pencegahan primer, sekunder, dan tersier.

Pustaka
Efendi, Nasrul (1998), Ilmu Keperawatan Komunitas, Jakarta: EGC.

Mubarak, Wahid Iqbal dkk (2002), Asuhan Keperawatan Komunitas II Teori Aplikasi dan Praktik, Jakarta: CV Agung Seto

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker