Belajar Anatomi Otak Manusia

0
Sistem persyarafan manusia dibagi menjadi 2 bagian. Keduanya tentunya bekerja dengan masing-masing fungsinya. Pembagian sistem syaraf pusat tersebut adalah susunan syaraf pusat dan susunan syaraf perifer. Susunan syaraf pusat terdiri dari Otak dan Medula Spinalis sedangkan susunan syarat perifer terdiri dari somatik dan otonom.
# Otak
Otak merupakan alat tubuh yang sangat penting karena merupakan pusat komputer dari semua alat tubuh. Otak terletak dalam rongga Kranium yang dibungkus oleh selaput otak yang kuat diantarany adalah Duramater, Arakhnoid dan Piamater. Otak terbagi dalam beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing, diantaranya:
a. Serebrum
Merupakan bagian otak yang memenuhi sebagian besar dari otak kita yaitu 7/8 dari otak kita. Bagian korteks serebrum berwarna kelabu yang banyak mengandung badan sel saraf yang dibagi menjadi 3 area yaitu area sensorik, motorik dan asosiasi. Dan bagian dalamnya terdiri dari zat putih yang mengandung serabut saraf. Mempunyai 4 macam Lobus :
  • Lobus Frontalis : pusat penciuman, indra peraba
  • Lobus Temporalis : Pusat pendengaran
  • Lobus Oksipitalis : Pusat penglihatan
  • Lobus Parietalis : Pusat ingatan, kecerdasan, memori, kemauan, nalar, sikap.
b. Batang Otak
Terdiri dari:
  • Diensefalon: bagian dorsal dan lateralnya membangun Talamus dan bagian ventralnya membangun Hipotalamus.
  • Mesensefalon: bagian atap terdapat Lobus Optikus, bagian Kaudal terdapat Lobus Oditori.
  • Pondsparoli: terletak didepan Serebelum diantara otak tengah dan Medula Oblongata.
  • Medula Oblongata: Terletak langsung setelah otak dan menghubungkan dengan Medula Spinalis.
c. Serebelum
Terletak dibagian bawah dan belakang tengkorak dipisahkan dengan Serebrum oleh Fisura Transversalis dibelakangi oleh Ponsvaroli dan diatas Medula Oblongata. Bentuknya oval,bagian yang mengecil pada sentral disebut Vermis dan bagian yang pada lateral disebut Hemisfer. Korteks Serebelum dibentuk oleh Substansi Grisea terdiri 3 lapisan: Granular luar, lapisan purkinye dan Granular dalam.
# Medula Spinalis
Terletak didalam Kanalis Vertebralis bersama Ganglion Radiks Posterior yang terdapat pada setiap Foramen invertebralis terletak berpasangan kiri dan kanan. Dalam Medula Spinalis keluar 31 pasang saraf:
  • Servikal: 8 pasang
  • Torakal: 12 pasang
  • Lumbal: 5 pasang
  • Sakral: 5 pasang
  • Koksigeal: 1 pasang
Medula Spinalis mengandung zat putih disebelah luarnya dan zat kel;abu disebelah dalam. Zat kelabu dibentuk oleh Ganglion berkatub banyak. Didalmnya terdapat jaringan penunjang (monoglia). Sebelah kiri-kanan terdapat tiang depan (tanduk depan) dan tiang belakang(tanduk belakang). Akar saraf Medula Spinalis dibentuk oleh akar depan berasal dari sel Ganglion masuk kedalam alur sisi depan. Akar belakang mulai dari Simpul saraf Medula Spinalis masuk kedalam alur sisi belakang.
# Saraf Somatik(Saraf Sadar)
Sistem saraf sadar disusun oleh saraf otak (saraf kranial), yaitu saraf-saraf yang keluar dari otak, dan saraf sumsum tulang belakang, yaitu saraf-saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang. Saraf otak ada 12 pasang yang terdiri dari:
  1. Tiga pasang saraf sensori, yaitu saraf nomor 1, 2, dan 8
  2. Lima pasang saraf motor, yaitu saraf nomor 3, 4, 6, 11, dan 12
  3. Empat pasang saraf gabungan sensori dan motor, yaitu saraf nomor 5, 7, 9, dan 10.
# Saraf Otonom
Sistem saraf otonom berkenaan dengan pengendalian organ-organ dalam secara tidak sadar. Maka kadang-kadang juga disebut juga susunan saraf tak sadar. Menurut fungsinya susunan saraf otonom dibagi menjadi:
  1. Sistem simpatis : Terletak didepan Kolumna vertebra dan berhubungan dngan sumsum tulang belakang melalui serabut-serabut saraf.
  2. Sistem parasimpatis: terbagi dalam 2 bagian yaitu saraf otnom kranial dan saraf otonom sakral.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.