Aplikasi Android Untuk Perawat, Dokter, Bidan & Apoteker

Senyumperawat.com – Teknologi kian menunjukkan jati dirinya yakni selalu inovatif dan memudahkan konsumen. Peran teknologi dapat dimanfaatkan diberbagai lini. Salah satu bidang yang begitu terbantu dengan perkembangan teknologi ini adalah dibidang medis. Android sebagai salah satu fenomena sepanjang 2-3 tahun belakangan memberikan corak baru. Munculnya aplikasi android untuk perawat yang semakin mudah digunakan dan diakses dapat begitu membantu para tenaga medis untuk belajar dan berlatih sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan.

Dalam ulasan kali ini, penulis hanya sedikit memberikan gambaran betapa teknologi android ini begitu membantu. Hal ini tercermin dari beberapa aplikasi yang akan penulis ulas pada paragraf berikutnya. Aplikasi-aplikasi ini dapat dengan mudah didapatkan di Google Playstore baik yang gratis mau pun yang berbayar. Tentu yang berbayar lebih komprehensif namun yang gratis pun tidak kalah penting untuk dimiliki. Di bawah ini penulis kupas beberapa aplikasi android untuk Perawat, Dokter, Bidan dan Apoteker bahkan untuk Dietizen pun ada.

Muat Lebih

Macam-macam aplikasi android untuk perawat

1. Paramedis

Aplikasi android untuk perawat yang pertama adalah Paramedis. Secara lengkap namanya adalah IK (Instruksi Kerja) Medis Paramedis. Aplikasi Paramedis ini berisikan SOP beberapa tindakan medis seperti penjahitan luka, perawatan luka, pengangkatan jahitan, irigasi mata dan lain sebagainya. Aplikasi android untuk Paramedis ini digagas oleh Puskesmas Ngadirojo Pacitan Jawa Timur dengan alamat website www.puskesmasngadirojo.com.

Aplikasi ini pun sudah mendapatkan ISO 90001:2008. Aplikasi yang dikemas dalam bahasa Indonesia ini dapat digunakan sebagai bahan referensi terutama yang bekerja di Puskesmas.

2. Drug Dictionary

Medical Drug Dictionary merupakan salah satu aplikasi wajib untuk apoteker khususnya. Aplikasi ini berisikan daftar berbagai macam obat dan cara pemakaiannya. Selain itu, dijelaskan pula didalamnya aturan pakai, efek samping, dosis dan bahkan cara penyimpanan obat. Aplikasi ini sangat membantu dalam efisiensi waktu untuk mempelajari berbagai macam obat. Satu hal yang perlu diperhatikan dari aplikasi ini adalah bahasa yang digunakan. Aplikasi ini dikemas dalam bahasa Inggris sehingga memang sebagai tenaga medis juga dituntut untuk berbahasa Inggris aktif. Dalam aplikasi android Drug Dictionary tersebut terdapat ratusan obat baik generic mau pun tidak.

5. ACLS 12

Aplikasi yang dirilis oleh Anesoft Corporation ini memang berbayar alias tidak gratis. Aplikasi ini sebagaimana aplikas ACLS di atas yakni memberikan penjabaran tentang SOP penanganan pasien henti jantung. Dalam aplikasi ini terdapat 12 kasus yang biasa terjadi pada pasien henti jantung serta cara penanganannya. Satu hal yang membuat beda antara aplikasi ini dengan ACLS App adalah aplikasi ACLS 12 dikemas lebih menarik. Didalamnya terdapat video tindakan ACLS sesuai 12 kasus yang dijabarkan. Selain itu, gambaran EKG nya pun berupa gambar gerak sesuai irama jantung dalam kasus. Harga yang perlu dibayar untuk aplikasi ini tidak mahal, cukup Rp 58.133. Rasanya tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kita dapatkan dari aplikasi ini. Aplikasi ini dikemas dalam bahasa Inggris.

Nantikan ulasan berikutnya terkait aplikasi android untuk perawat lainnya. Dengan adanya aplikasinya ini, akan sangat mempermudah teknis dalam melaksanakan SOP ketika merawat pasien. (Destur/eSPer)

Pos terkait