Tanda Imun Menurun Dan Cara Mengembalikannya

Senyumperawat.com – Tiap orang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Semuanya tergantung dari genetik, pola hidup maupun lingkungan. Sistem imun membantu melindungi tubuh dari zat-zat asing yang bisa membahakan tubuh seperti racun, sel-sel kanker, darah atau jaringan yang tidak seharusnya berada dalam tubuh. Ketika sistem kekebalan seseorang sudah terganggu, berbagai jenis penyakit pun gampang menyerang. Berikut ini adalah tanda-tanda terganggunya atau kurangnya sistem imun tubuh seseoran.

Berikut mari kita kenali tanda khas seseorang mengalami penurunan sistem imun:

1. Infeksi yang tak kunjung sembuh

Normalnya bila seseorang terluka, secara alami tubuh akan menutup luka itu sendiri, namun bagi mereka yang sistem kekebalannya terganggu, menyembuhkan luka membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Munculnya daging jadi, tumor atau sel kanker

Tubuh yang lemah adalah sasaran empuk zat-zat radikal bebas yang bisa memicu tumbuhnya daging jadi, tumor bahkan kanker. Karena kurangnya zat imun yang bisa melawan radikal bebas itu, tubuh membiarkan zat asing masuk dan berkembang di dalamnya.

Infeksi datang dari segala penjuru

3. Infeksi saluran pernafasan seperti pneumonia dan bronkitis

Saluran pernafasan sangat rawan terserang bakteri, virus dan zat asing lainnya karena berhubungan langsung dengan lingkungan. Oleh karena itu, mereka yang yang rendah daya tahan tubuhnya gampang terserang penyakit seperti bronkitis atau pneumonia.

4. Penyembuhan penyakit yang lambat

Proses penyembuhan penyakit merupakan proses bekerjanya sistem imun, Namun jika seseorang tak kunjung sembuh jua meski telah diberi berbagai macam obat, mungkin ada yang salah dengan sistem imunnya, contohnya penyakit diabetes. Ketika tanda-tanda kurangnya sistem imun ditemukan pada diri Anda, segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Konsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya antioksidan, minuman probiotik untuk menjaga saluran pencernaan dan olahraga teratur untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Setelah kita ketahui bahwasanya tubuh kita mengalami penurunan sistem imun, maka langkah-langkah yang dapat kita coba untuk mengembalikannya sangat banyak. Di antara beberapa cara yang dapat diterapkan adalah

1. Istirahat Cukup

Tidur yang nyenyak secara wajar secukupnya agar tubuh kembali segar dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur terlalu banyak / lama pun juga tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang lelah harus diistirahatkan agar lelah dan capek yang menurunkan ketahanan tubuh bisa dihilangkan.

2. Hindari Kebiasaan Buruk

Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba, begadang, makan makanan tidak bergizi, bekerja terlalu diporsir, main game seharian, stres, dan lain sebagainya mungkin bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

3. Makan Makanan yang Bergizi dan Cukup

Bagan Sistem Imun

Sistem kekebalan akan membutuhkan asupan energi dari makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Dengan makan dan minum yang cukup jumlah dan gizinya mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Rajin makan atau minum sesuatu yang mengandung anti oksidan untuk melawan radikal bebas juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

4. Rajin Membersihkan Diri

Kotoran yang melekat dan menempel pada tubuh kita biasanya mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Dengan secara rutin merawat kebersihan diri sendiri dapat menghindarkan kita dari banyak serangan penyakit. Mandi sabunan, gosok gigi, sampoan, cuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh kegiatan bersih-bersih tubuh.

5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan yang Salah

Obat seperti antibiotik sangat berbahaya jika dikonsumsi / digunakan dengan cara yang salah. Antibiotik sebaiknya dipakai dengan didasari atas resep dokter dan bukan atas inisiatif sendiri. Dosis yang salah serta penghentian konsumsi obat antibiotik sebelum penyakit mati dapat menyebabkan resistensi atau kekebalan penyakit pada obat, sehingga dibutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

6. Pada anak usia muda (bayi dan balita) serta orang usia tua, hindarkan kontak dengan seseorang yang menderita infeksi supaya tidak mudah tertular.

Sistem Imun Manusia

Kontak langsung dengan penderita infeksi atau penyakit menular lain tentu akan berdampak buruk bagi tubuh. Bahkan kontak tidak langsung pun dapat berpengaruh. Tak heran ketika kita berkunjung ke RS maka akan ada tulisan “Anak balita di larang masuk!”. Anak-anak begitu rentan akan infeksi. Orang tua pun yang sudah lanjut usia akan mengalami degenerasi sistem imun yang tentu akan mudah pula terserang penyakit.

Lain daripada itu, sebagai umat Rosuulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam maka seharusnya kita meniru beliau. Sebagaimana kita ketahui bahwa beliau selama hidup hanya menderita sakit ketika beliau menerima wahyu hingga tubuh beliau menggigil. Sakit kedua beliau derita menjelang ajal. Sakit yang kedua ini begitu parah hingga beliau tak mampu untuk sholat berjamaah bersama para shohabat rodhiyallaahu ‘anhum.

Trik ala Rosuulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam tentu sudah banyak diulas dalam buku-buku yang kini marak beredar. Beberapa poin yang begitu dianjurkan oleh Rosuulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam diantaranya:

  1. Berbekam
  2. Minum madu
  3. Berwudhu & sholat sunnah setelah wudhu
  4. Mengonsumsi kurma
  5. Mengonsumsi Habbatussauda’
  6. Rajin berdzikir kepada Allaah
  7. Rajin beristighfar kepada Allaah
  8. Rajin berpuasa
  9. Dan lain sebagainya yang tentunya begitu banyak kebiasaan Rosul yang harus kita tiru karena beliau adalah dokter terbaik sepanjang zaman.
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker