Lotion Pemutih Wajah Dilarang Dalam Islam

SenyumPerawat.com – Lotion wajah hingga sepanjang 1 dekade ini makin marak dan makin beragam. Ada produk yang menawarkan pemutih wajah dan ada juga yang menawarkan pembersih wajah. Mungkin yang belum ada adalah penghilang wajah. Ya karena terlanjur putih hingga terlalu putih hingga wajahnya  transparan. Ah, ada-ada saja.

Beragamnya krim pembersih wajah dan juga pemutih wajah tersebut tentu selain manfaat tetap ada madhorotnya karena tiadalah yang sempurna selain ciptaan Allaah semata. Dalam kemasan krim pemutih wajah biasanya tertera kandungan zat kimia yang sejatinya banyak konsumen yang tidap paham tiap zat itu akan berdampak apa pada tubuh. Salah seorang dokter klinik kecantikan pernah bercerita kepada saya bahwasanya memang krim-krim yang digunakan di klinik itu resepnya bagus untuk mempercepat proses pemutihan kulit atau yang lainnya tapi dalam jangka waktu tertentu ia akan memberikan madhorot kepada pasien.

Muat Lebih

Fatwa Syaikh Utsaimin

Lain daripada itu, bagaimana krim kecantikan itu jika ditinjau dari segi agama. Lotion pemutih kulit yang beredar dipasaran meskipun sudah mendapat label halal namun bukan berarti selalunya aman. Lain daripada itu, terkait boleh tidaknya penggunaan lotion itu mari kita simak fatwa syaikh Utsaimin rohymahullaah.

Beliau berkomentar tentang lotion pemutuh kulit dan penghilang jerawat.  Beliau berkata bahwa jika tujuan penggunaan lotion pemutih kulit dan penghilang jerawat itu untuk memutihkan kulit maka tidak boleh karena itu lebih besar daripada tato. Akan tetapi jika tujuannya untuk menghilangkan jerawat dan penyakit yang sejenisnya maka tidak mengapa karena hal itu untuk menyembuhkan penyakit maka diperbolehkan. Ada perbedaan antara mempercantik diri dengan menghilangkan cacat. Mempercantik diri dalam konteks seperti ini hukumnya tidak boleh sedangkan menghilangkan cacat adalah diperbolehkan.

Faudah, Dr. ‘Abdurrohman Muhammad. Fatwa-Fatwa Medis Kontemporer Seputar Kehamilan & Kecantikan, hal 131. Pustaka Arafah. Solo: 2011

Pos terkait