Hukum Operasi Caesar Tanpa Alasan Jelas

2

SenyumPerawat.com – Dr. Sulaiman Bin Wa’il At Tuwaijiri (Anggota Hai’ah At Tadris Universitas Ummul Quro) ditanya terkait dengan hukum persalinan degan operasi sesar tanpa alasan medis. Seorang penanya mengatakan,”Saya bekerja di sebuah rumah sakit (Masyfa/mustasyfa). Saya mengamati dalam keadaan tertentu sejumlah ibu hamil menginginkan operasi cesar pada persalinannya padahal tidak ada alasan medis yang memaksa untuk dilakukannya operasi itu. Pertanyaan saya,”Apakah memenuhi permintaan ibu-ibu hamil itu bertentangan dengan kode etik dan moral dokter ataukah tidak?”.

Dr. Sulaiman Bin Wa’il Ar Tuwaijiri menjawab:
Kode etik kedoteran dan moral kedokteran itu harus diketahui oleh penanya. Akan tetapi kami akan menjawab berdasarkan hukum syari’ah. Menjalankan operasi cesar pada wanita yang tidak memerlukannya itu merupakan bentuk penimpaan mudhorot sehingga tidak diperbolehkan. Ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad Shollallaahu ‘alayhi wa sallam,”Tidak boleh ada mudhorot dan tidak boleh ada penimpaan madhorot”. (Riwayat Imam Ahmad (2865), Ibnu Majah (2241), Shohih.

Seorang dokter sebagai orang yang dipercayai keahliannya dan kemampuan terapinya yang menawarkan operasi sesar kepada pasiennya padahal sebenarnya tidak ada alasan medis untuk melakukannya maka dia dianggap telah berkhianat dalam pekerjaannya. Dia tidak boleh melakukan operasi itu atau operasi sejenisnya yang tidak diperlukan. DIa juga tidak boleh menjadikan tindakan operasi itu sebagai cara untuk menambah penghasilannya bila dia merasa kekurangan penghasilan. Hal yang harus dilakukan adalah mencegah operasi itu kecuali bila memang keadaan memaksa untuk itu. Tidak halal menerima permintaan wanita hamil yang ingin dioperasi caesar padahal tidak memerlukannya. Allaahlah yang mempunyai taufiq.

Maroji’:
Dr. ‘Abdurrohman Muhammad Faudah
Fatwa-Fatwa Medis Kontemporer Seputar Kehamilan & Kecantikan, hal 93-94
Pustaka Arafah. 2011

2 KOMENTAR

  1. Jadi intinya Operasi Caesar itu diperlukan jika kondisi si Ibu tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal ya Mba 🙂

Tinggalkan Komentar