Cowok Pakai Kalung, Awas Haram

SenyumPerawat.com – Laki-laki sejatinya sosok yang harus tampil layaknya laki-laki. Bahasa kerennya “Maco”. Namun maco di sini tidak lantas tampil serba meriah dengan aksesoris ala anak jalanan atau ala boyband korengan, eh korea. Cowok maco itu adalah cowok yang kesehariannya menyerupai gaya hidup Rosuulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam. Berkepribadian Islami dan menunjukkan perilaku yang berasaskan Islam. Pemuda yang “keren” itu yang senantiasa hatinya terpaut pada masjid jadi tampak gagah dan berwibawa serta tidak urakan. Terlebih pemuda yang suka memakai aksesoris cewek seperti kalung, anting atau juga bando mungkin. Berbeda dengan cincin, asal bahannya bukan emas maka cowok pun boleh karena Rosuulullaah pun memakai cincin yang menunjukkan bahwa cincin diperbolehkan untuk cowok.
Terkait dengan hal ini, mari kita simak penuturan Syaikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin Rohiimahullaah. Beliau memfatwakan bahwa menggunakan aneka kalung untuk perhiasan adalah haram bagi kaum pria karena menggunakan kalung merupakan ciri khas para wanita. Dengan demikian dia sengaja menyerupai wanita. Padahal Rosuulullaah ‘alayhi sholaatu was salaam melaknat para laki-laki yang menyerupai wanita.
Tingkat keharaman dan dosanya bertambah jika bahannya dari emas. Memakai kalung emas diharamkan bagi laki-laki dari dua sisi yakni sisi bahannya yang terbuat dari emas dan sisi penyerupaannya dengan perempuan.
Lebih buruk lagi jika berbentuk hewan atau makhluk bernyawa lainnya. Lebih parah lagi jika kalungnya berbentuk salib. Kalung seperti itu hatam bahkan para wanita pun diharamkan memakai kalung bergambar baik gambar manusia, hewan, burung atau salib. Kalung yang bergambar makhluk bernyawa hukumnya haram bagi laki-laki dan wanita. Baik laki-laki maupun wanita tidak boleh memakai perhiasan yang didalamnya ada gambar hewan atau gambar salibnya. Wallaahu a’lam.
Al Utsaimin, Muhammad Bin Sholih. 2013. Halal & Haram Dalam Islam hal 583. Ummul Qura: Jakarta
Share

This website uses cookies.