Bolehkah Mengatasi Obesitas Dengan Liposuction (Sedot Lemak)

SenyumPerawat.com – Kegemukan (obesitas) merupakan salah satu momok yang begitu menakutkan, terutama bagi kaum hawa. Kegemukan selain memang gudangnya penyakit juga banyak hal yang akan terkendala karena postur tubuh. Sebenarnya tinggal bagaimana pola makan dan olah raga yang teratur saja yang perlu dioptimalkan untuk mengatasinya namun banyak kaum hawa yang cenderung memilih mengambil cara cepat. Salah satu cara cepat itu adalah sedot lemak. Menghilangkan lemak dari tubuh dengan mengambilnya secara paksa. Boleh atau tidakkah, mari kita simak.
Syaikh Ibnu Utsaimin Rohiimahullaah ditanya terkait hal ini, “Apa hukumnya operasi untuk menghilangkan lemak (Liposuction) dari perut dan lainnya?”. Syaikh Utsaimin menjawab,”Jika dokter memutuskan bahwa menyedot lemak dari tubuh seseorang itu tidak akan menimbulkan masalah terhadapnya, maka itu tidak mengapa. Karena seringkali si sakit terganggu dengan adanya lemak itu. Apabila ada orang yang berkata,”Bukankah Nabi shollallaahu ‘alayhi wa sallam melarang mengikir gigi untuk mempercantik diri dan menjadikannya sebagai sebab dilaknatnya si pelaku, bukankah tindakan ini termasuk jenis yang sama dengan itu?”. Maka kita jawab,”Hal ini bukan sejenis dengan itu akan tetapi ini adalah usaha untuk menghilangkan madhorot. Menghilangkan madhorot dan cacat itu tidak mengapa. 
Oleh karena itu harus dipisahkan antara operasi medis yang tujuannya untuk kecantikan belaka dengan operasi medis yang bertujuan untuk menghilangkan madhorot sebagaimana orang yang hidungnya bengkok atau orang yang juling matanya maka menjalani operasi medis untuk memperbaiki keadaan itu boleh dilakukan dan tidak mengapa. (Fatwa audio Syaikh Utsaimin rohiimahullaah)
Maroji’:
Dr. ‘Abdurrohman Muhammad Faudah
Fatwa-Fatwa Medis Kontemporer Seputar Kehamilan & Kecantikan, hal 118-119
Pustaka Arafah. 2011

Pos terkait