Baju Bergambar Ternyata Haram Dalam Islam

0
SenyumPerawat.com – Terkenang kembali masa-masa kecil. Ketika ibu kita membelikan baju biasanya beraneka ragam model. Asal modelnya bukan celana jadi baju lalu baju jadi celana. Masih ingat betul dulu ketika ada film anak-anak yang sebenarnya itu film syirik namun dulu MUI masih belum bersuara. Ya, film Jin & Jun atau juga Tuyul & Mbak Yul. Film itu sebenarnya syirik tapi waktu itu kaum Muslimin belum mengambil sikap. Bukan soal syirik yang ingin saya bahas pada tulisan kali ini tapi terkait model pakaian yang bergambar. Ketika film itu booming, lalu banyak baju anak-anak yang bagian depannya ada gambar tokoh film itu. Tidak hanya itu, bahkan sandal pun ada yang demikian. Sekarang semakin banyak film kartun maka semakin marak pula baju-baju anak yang bergambar tokoh-tokoh animasi. Sebut saja Upin & Ipin, Pokemon, Digimon dan lain sebagainya. Entah kenapa kok tidak ada yang bergambar saya.
Jika kita tinjau dari segi fashion memang itu tidak bermasalah dan hanya sekedar seni saja. Ditinjau dari segi marketing tentu itu akan lebih laris karena anak-anak pasti memilih yang “ngejreng”. Tapi jika ditinjau dari segi Islam, kira-kira bagaimana ya?.
Syaikh Ibnu Utsaimin memberikan tanggapan atas hal ini, mari kita simak. Beliau rohymahullaah menyampaikan dalam kitab Liqo’at Al Bab Al Maftuh hal. 63 bahwasanya gambar-gambar pada pakaian baik untuk anak-anak atau orang dewasa hukumnya HARAM. Seseorang tidak boleh memakai baju yang ada gambarnya baik berupa sablonan pada seluruh baju atau dilekatkan pada bagian atas baju atau berupa gambar plastik atau berupa jahitan.
Al Utsaimin, Muhammad Bin Sholih. 2013. Halal & Haram Dalam Islam562. Ummul Qura: Jakarta

Tinggalkan Komentar